Apple Kesambet Apa Mau Rilis iPhone 2 Kali Setahun?

04 December 2019 - by

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Apple Inc kemungkinan bakal mengubah jadwal peluncuran smartphone mulai 2021. Demikian menurut analis J.P Morgan. Mengutip Gizmo China, prediksi itu telah dipublikasi pada 2 Desember 2019, dan disampaikan berdasarkan pada rantai pasokan Apple di masa depan.

Selama ini, Apple telah meluncurkan iPhone baru setiap musim gugur, menuju musim liburan. Namun hal itu bisa berubah menjadi dua kali setahun tergantung pada jadwal pasokan.

Advertising
Advertising

Baca juga: Gak Perlu Galau Kalau Ponsel Rusak Jelang Tahun Baru

Berdasarkan laporan yang dipublikasi J.P Morgan, strategi baru itu akan memberikan fleksibilitas kepada Apple untuk memperbarui atau mengubah line-up dalam jangka waktu enam bulan, yang memungkinkan mereka untuk bersaing dengan merek lain yang meluncurkan smartphone sepanjang tahun.

Mulai dari 2011, Apple telah meluncurkan smartphone baru antara September dan Oktober setiap tahun. Hal itu membuat kuartal terakhir di setiap tahun sangat penting bagi perusahaan dalam hal penjualan.

Baca juga: Benarkah Realme Bakal Pisah dari Oppo?

Dengan perubahan strategi itu, angka penjualan Apple diprediksi dapat beragam. Samik Chatterjee, J.P Morgan Analyst pun mengatakan, “Berdasarkan jadwal pasokan yang akan datang, aman untuk mengatakan bahwa angka penjualan Apple tidak akan lagi bersifat musiman.”

Karena Apple meluncurkan smartphone setahun sekali, pendapatan perusahaan sangat bergantung pada penjualan selama musim liburan. Perubahan tersebut disebut-sebut akan membantu Apple bersaing dengan rival-rival utamanya, seperti Samsung dan Huawei yang meluncurkan dua smartphone unggulan per tahun.