Apple Stop Beberkan Data Penjualan iPhone

02 November 2018 - by

Apple akan menyetop membeberkan data penjualan iPhone, iPad dan Mac untuk kuartal selanjutnya. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini mengaku akan fokus pada data pendapatan yang dihasilkan perusahaan.

Hal ini dikemukakan Chief Financial Officer Apple, Luca Maestri dalam konferensi telepon dengan analis keuangan, seperti dilansir CNET, Jumat (2/11/2018).

Pengumuman ini dibuat setelah Apple membukukan lonjakan pendapatan dari iPhone pada periode fiskal kuartal keempat, walaupun penjualan unitnya meleset dari ekspektasi Wall Street.

Penghilangan data tersebut dinilai akan membuat publik semakin sulit mengetahui seberapa baik kinerja Apple. Penjualan unit iPhone adalah matrik penting yang digunakan investor dan pengamat perusahaan untuk menimbang kinerja perusahaa teknologi tersebut.

Keputusan yang diambil Apple ini sebenarnya akan menguntungkan perusahaan karena dapat mengerek lebih banyak pendapatan pada produk anyarnya dengan menaikkan harganya. Contohnya adalah lonjakan banderol pada iPad Pro dan Mac yang diluncurkan Selasa lalu.

Saham Apple sendiri turun hingga lebih dari 7 persen setelah perusahaan mengatakan akan mengubah struktur pelaporan..

“Seperti yang ditunjukkan oleh kinerja keuangan kami dalam beberapa tahun terakhir, jumlah unit yang terjual dalam periode 90 hari tidak selalu mewakili kekuatan yang mendasari bisnis kami. Unit penjualan kami saat ini kurang relevan daripada sebelumnya, mengingat luasnya portofolio dan penyebaran harga penjualan yang lebih luas dalam setiap lini produk yang diberikan,” kata Maestri.

Analis Citigroup, Jim Suva mencatat beberapa orang mungkin takut bahwa langkah ini berarti penjualan unit iPhone akan turun pada periode berikutnya.

“Mudah untuk membicarakan hal-hal hebat dan tidak menunjukkan detail hal-hal yang tidak begitu besar,” tutur Suva.

Sementara itu CEO Apple, Tim Cook beralasan bahwa dasar yang digunakan perusahaan adalah tumbuh hingga dua digit ketimbang persentase. [WS/IF]

Artikel Apple Stop Beberkan Data Penjualan iPhone dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.