Apple Sudah Bikin Prototipe IPhone 8 Berlayar Lengkung OLED

pada 7 tahun lalu - by


IPhone 8 kini sudah memasuki tahap prototipe. Seperti isu yang banyak beredar beberapa bulan belakangan, salah satu prototipe tersebut benar-benar memiliki desain layar lengkung dengan teknologi OLED.


Wall Street Journal, pada Minggu (28/11/2016), mengutip keterangan sumber anonim yang mengetahui permasalahan ini. Disebutkan, layar lengkung OLED tersebut masih dipertimbangkan sebagai varian tertinggi iPhone 8 kelak karena teknologinya yang mahal.


Kata sang narasumber, masih ada kemungkinan iPhone 8 berlayar lengkung OLED itu batal dipilih. Ia membeberkan Apple telah memiliki 10 prototipe yang kini sedang dipelajari baik-baik.


Apple menolak mengomentari kabar ini. Adapun IPhone 8 dijadwalkan dirilis pada tahun depan, dengan rincian waktu yang masih sumir.


Teknologi OLED sendiri kini merupakan salah satu primadona di segmen ponsel pintar (smartphone) premium, dengan Samsung sebagai salah satu pemimpinnya. Teknologi ini membuat layar lebih tipis, ringan, fleksibel dari LCD, tapi memproduksi gambar lebih terang dan jernih.


Lembaga riset IHS Markit memprediksi bahwa pada 2018, penjualan smartphone layar OLED akan melewati smartphone LCD dengan valuasi 18,6 miliar dollar AS (Rp251,75 triliun). Saat ini, smartphone layar LCD masih merajai pasar dengan valuasi 20,8 miliar dollar AS (Rp281,52 triliun), berbanding 10,6 miliar dollar AS (Rp143,47 triliun) milik smartphone OLED.


Di sisi lain, para produsen layar OLED sendiri masih belum yakin dengan masa depan teknologi ini. Mereka, termasuk distributor layar bagi iPhone seperti Sharp dan LG, kini masih relatif sulit memproduksinya karena biaya pembuatan yang lebih mahal dari layar LCD


Analis memperkirakan ongkos produksi layar OLED lebih mahal 50 dollar AS (Rp676.750) per layar dibandingkan layar LCD.


Karena itulah, Apple dikabarkan akan bekerja sama dengan Samsung untuk suplai layar OLED di fase-fase awal penjualan, jika iPhone 8 berdesain layar lengkung OLED jadi direalisasikan.




Berita Terkait: