Apple Tarik MacBook Pro 15 Inci Keluaran 2015-2017, Ini Alasannya

21 June 2019 - by

Apple melakukan penarikan secara sukarela untuk jumlah terbatas MacBook Pro 15 inci. Menurut perusahaan, laptop tersebut mengandung baterai yang mungkin terlalu panas dan menimbulkan risiko keamanan.

Menurut laporan Engadget, penarikan dalam jumlah terbatas oleh Apple diprioritaskan untuk MacBook Pro 15 inci yang dijual antara September 2015 dan Februari 2017. Apple mengidentifikasinya lewat  nomor seri produk.

Dikutip Telset.id, Jumat (21/6/2019), Apple meminta kepada para pelanggan untuk berhenti menggunakan laptop yang terkena dampak. Apple mengajurkan kepada mereka untuk  mengunjungi situs guna penggantian baterai.

{Baca juga: Pengguna Sebut MacBook Pro Punya Masalah “Flexgate”}

Apple menegaskan bahwa penggantian baterai tidak dipungut biaya alias gratis. Apple mengatakan  bahwa layanan  bisa memakan waktu satu minggu hingga dua minggu. Apple tidak ingin kejadian laptop terbakar terus terulang.

Selama ini, sering tersiar kabar soal ponsel meledak. Namun, beberapa waktu lalu, ada informasi bahwa sebuah laptop seri MacBook Pro keluaran Apple meledak hebat sampai mengeluarkan asap tebal. Pemilik pun sangat panik.

Hal itu terungkap dari pengakuan seorang pengguna forum Reddit bernama White Panda. Ia berprofesi sebagai DJ. Ia mengaku kaget saat peristiwa terjadi. Padahal, ia menggunakan perangkat tersebut secara normal.

“Kemarin sore, MacBook Pro saya meledak. Perangkat masih berada di pangkuan saya dan terkoneksi dengan internet. Saya panik manakala MacBook Pro tiba-tiba mulai mengeluarkan asap dari kedua sisi,” paparnya.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (31/5/2019), ia pun buru-buru meletakkannya di lantai seketika insiden terjadi. Tak lama berselang, api mulai membesar dan MacBook Pro miliknya terbakar. Asap membubung.

“Asap berbau seperti racun memenuhi rumah saya. Alarm berbunyi. Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan perangkat tersebut. Saya sudah mencoba datang ke Apple, tetapi belum ada tindakan apapun yang dilakukan,” katanya.

{Baca juga: MacBook Pro & iMac Pro Tak Bisa Diperbaiki Pihak Ketiga}

Perwakilan Apple mengatakan bahwa ia harus menunggu setidaknya 24 jam saat laptop disimpan di dalam brankas tahan api. Ternyata, memang terjadi permasalahan serius. Ia akan dikabari oleh Apple dalam lima hari ke depan.

Kejadian itu terbilang langka. Penyebab MacBook Pro terbakar bisa disebabkan oleh beberapa faktor.  Bisa jadi penggunaan yang tidak benar, penggunaan pengisi daya pihak ketiga, atau kemungkinan baterainya rusak. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

Artikel Apple Tarik MacBook Pro 15 Inci Keluaran 2015-2017, Ini Alasannya dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.