Apple Tetap Layani Servis “iPhone KW”

06 March 2019 - by

Apple masih melayani servis iPhone yang sudah mengalami penggantian baterai dari pihak ketiga atau non-Apple di Apple Store maupun Apple Authorized Service. Padahal sebelumnya, Apple tidak melayani perbaikan iPhone KW atau iPhone dengan komponen dari pihak ketiga.

Apple hanya mewajibkan semua komponen internal yang ada di iPhone tetap dalam kondisi original atau hanya boleh diganti oleh Apple untuk tetap dapat mendukung layanan perbaikan resmi.

Namun, kebijakan berubah sejak 2017, yang pada awalnya hanya berlaku untuk komponen layar. Tapi sekarang, Apple bersedia memperbaiki iPhone dengan baterai yang sudah diganti dengan komponen tak asli alias KW.

{Baca juga: Video Rahasia Panduan Servis iPhone X Terungkap}

Menurut Apple Insider, seperti dikutip Telset.id, Rabu (06/03/2019), informasi tersebut berasal dari dokumen internal Apple dan beberapa sumber lain yang terungkap. Di dalamnya terdapat keterangan rinci terkait proses servis.

Apabila perbaikan yang diperlukan di luar dari bagian baterai dan diketahui telah diganti oleh merek pihak ketiga, teknisi Apple boleh mengabaikannya dan melakukan perbaikan di komponen yang diperlukan saja.

Sebagai misal, teknisi Apple cukup melakukan perbaikan layar, logic board, dan mikrofon. Tentunya, biaya perbaikan sudah ditetapkan oleh Apple. Lalu, bagaimana jika ternyata masalah disebabkan baterai pihak ketiga?

{Baca juga: Begini Cara Perbaiki Flashdisk yang Rusak}

Teknisi Apple mendapat izin untuk menggantinya. Namun, prosedurnya adalah kondisi baterai harus di bawah 60 persen sebelum proses penggantian dilakukan. Kalau baterai KW dalam kondisi rusak, tentu aturannya berbeda.

Demikian pula berlaku prosedur yang sama apabila pemasangannya tidak sesuai atau masalah lain. Tatkala menemui kejadian seperti itu, teknisi Apple mendapat izin untuk mengganti seluruh iPhone dengan biaya khusus. (SN/FHP)

Artikel Apple Tetap Layani Servis “iPhone KW” dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.