Awal Tahun 2020, Daihatsu Xenia Ditenggelamkan Pikap

18 February 2020 - by

Uzone.id - Daihatsu Xenia masih terus meredup di awal tahun 2020 ini. Penjualannya pun bahkan kalah dari pikap GranMax yang menempati posisi kedua terlaris mobil-mobil Daihatsu di Tanah Air.

Dari hasil penjualan ritel di tahun ini, Daihatsu menjadi salah satu penyumbang terbesar dengan pangsa pasar 18 persen, atau 14.582 unit.

Dari pencapaian tersebut, Sigra jadi mobil terlaris Daihatsu dengan menyumbang 29,5 persen atau sebanyak 4.307 unit dari total penjualan ritel Daihatsu di awal tahun.

Advertising
Advertising

Baca juga: Kabar Baik, Beli Suzuki XL7 Tak Perlu Inden

Posisi kedua barulah kemudian ada GranMax pikap yang terjual 2.920 unit. Dan Xenia menggenapi tiga besar dengan penjualan 1.941 unit atau 13,7% dari total penjualan seluruh model.

Penjualan Xenia tersebut turun drastis kalau dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Januari tahun 2019 lalu, tercatat sebanyak 2.299 unit Xenia berhasil terjual.

“Kami bersyukur, Daihatsu mengawali 2020 dengan pencapaian yang cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus Corona, Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif,” ujar Marketing Direktur PT ADM, Amelia Tjandra.

Meski pasar terbesar di Indonesia adalah low MPV, namun Xenia masih kalah laris ketimbang pikap GranMax.

Namun sebenernya, kondisi mirip-mirip juga terjadi di beberapa pabrikan lain. Honda misalnya, juga mengandalkan mobil murahnya Brio Satya sebagai andalan, diantara sekian banyak mobil-mobil populer Honda.

VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover: