Awal Tahun, Skincare hingga Bibit Tanaman Laris Manis di E-Commerce

24 February 2023 - by

Uzone.idNew year, new me. Kata-kata ini selalu dibagikan ketika awal tahun dimulai. Makanya, banyak orang yang mulai tancap gas untuk mewujudkan resolusi mereka tahun ini.

Tak heran kalau banyak dari mereka mulai berbenah diri dan belanja banyak barang yang diperlukan. Di awal tahun ini, tercatat ada beberapa produk yang diincar warganet di e-commerce.

Advertising
Advertising

Fashion, kecantikan dan skincare menjadi beberapa kategori yang banyak diincar selama awal tahun 2023 di Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia.

Baca juga: UMKM Wajib Tahu, Ini 5 Tips Jualan Online agar Tak Langgar HKI

Makanan, minuman, peralatan ibu dan anak, dan peralatan rumah tangga juga banyak dibeli masyarakat Indonesia di awal tahun ini.

Lebih rinci lagi, produk fashion wanita yang banyak diincar di Tokopedia adalah sandal, tas selempang, hingga blouse. Untuk pria sendiri, banyak yang mencari kaos, kemeja, serta kaos kaki.

Skincare seperti krim wajah, facial wash, serum dan juga parfum pun laris manis selama awal tahun ini. Begitupun dengan perlengkapan bayi, sprei hingga pupuk dan bibit tanaman juga laku keras di Tokopedia.

Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia mengungkapkan kalau mereka menggelar berbagai kampanye untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan pada produk-produk ini.

Baca juga: GoTo Ajak UMKM Amankan Data Pribadi Pelanggan

Beberapa kampanye tersebut adalah Women in Style, Tokopedia Beauty, Tokopedia NYAM!, Tokopedia Parents dan Home Living SALEbrations yang menciptakan tren baru di platform ini.

“Selain mengadakan berbagai kampanye, Tokopedia terus memperkuat inisiatif berpendekatan Hyperlocal demi mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, misalnya Kumpulan Toko Pilihan dan Dilayani Tokopedia,” jelas Ekhel.

Tahun baru ini juga diawali dengan banyaknya pengguna yang mulai melirik social commerce, dimana warganet cenderung berbelanja sambil mencari inspirasi atau hiburan.

Tokopedia kemudian menghadirkan layanan streaming video Tokopedia Play dan layanan komisi Tokopedia Affiliate agar pengguna semakin betah di platformnya. 

“Kesehatan, Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia PLAY di awal tahun 2023,” ungkapnya.

Hingga saat ini, pengguna Affiliate Tokopedia naik 6 kali lipta di tahun 2023 dibanding dengan akhir bulan pertama layanan ini diluncurkan. Tokopedia Affiliate ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan uang dengan cara merekomendasikan produk melalui media sosial.