Awas, Ikon Ini Bisa Bikin iPhone Anda Hang

12 May 2018 - by

Hati-hati dengan 'Black Dot of Death' yang dapat menghentikan iPhone Anda cukup dengan satu pesan teks. Para pemilik iPhone kini harus lebih berhati-hati memilih ikon yang kemungkinan bisa merusak ponsel mereka.

Siapa pun yang menerima karakter ini mungkin berada dalam kesulitan karena jika mereka mengekliknya, aplikasi Pesan akan terhenti.

Bug Black Dot bekerja sama dengan 'bom teks' Whatsapp yang merusak beberapa Bank Holiday awal pekan ini. Teks tersebut menampilkan emoji 'lingkaran hitam' antara simbol ‘<‘ dan ‘>’, dengan ikon jari kelingking menunjuk ke arah lubang hitam.

Jika mengkliknya dan muncul pemberitahuan, aplikasi pesan akan terhenti dan diduga tidak dapat diperbaiki tanpa menginstal ulang perangkat lunak.

"Boom, segera setelah Anda mengekliknya aplikasi pesan mogok dan rusak tanpa batas," kutip EverythingApplePro, yang menemukan kesalahan tersebut.

Saluran YouTube mengklaim bahwa bug mempengaruhi iPhone X dan iPhone 8. Ini menurunkan ponsel karena dikemas dengan karakter tak terlihat yang harus dimuat oleh ponsel, memberikan tekanan besar pada CPU-nya.

Teks juga dapat menjadi 'senjata' jika mereka dikirim dengan banyak dalam waktu bersamaan, sehingga memiliki efek yang lebih kuat pada target. Namun, Apple kemungkinan akan memperbaikinya dalam pembaruan yang akan datang.

Mengirimkan teks 'kematian' juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Artinya, beberapa orang mungkin akan kesulitan mencoba menggunakannya untuk mengganggu teman-teman mereka. Jika Anda terkena masalah ini, tekan ikon aplikasi Pesan, terapkan tekanan menggunakan sentuhan 3D dan pilih ‘Pesan Baru’. [Metro]