Ternyata Begini Cara Tepat dan Nikmat Meminum Kopi Panas

19 June 2017 - by

Kopi memiliki aroma yang sedap, apalagi jika tersaji pada pagi hari dalam cangkir yang diseduh air panas. Kopi bahkan dipercaya mampu membangkitkan energi serta semangat bagi yang meminumnya.

Kopi panas memang selalu membangun selera untuk segera kita cicip. Namun hati-hati air panas bisa membakar lidah dan tnggorokan kita. Tidak jarang banyak yang mendinginkan kopi dengan cara meniup bagian permukaannya.

Advertising
Advertising

Ternyata cara konvensional tersebut salah, tidak sesimpel itu aturan yang benar dalam menikmati kopi. Ada dua cara yang bisa Kamu lakukan untuk mendinginkan kopi dengan benar seperti dilansir dari Travel and Leisure.

Cara pertama adalah meniup dari lubang kecil pada penutup cangkir. Lakukan itu dengan selang beberapa detik jangan sekaligus. Cara yang kedua adalah membuka penutup cangkir diamkan hingga dingin.

Cara ilmiah mendinginkan kopi ini disebut 'mendinginkan dengan evaporasi.' Semakin besar permukaan yang terbuka, semakin besar kemungkinan evaporasi atau penguapan.

Jadi, jika tidak ingin lidah Kamu terbakar, ada baiknya mendinginkan kopi terlebih dahulu dengan dua cara tadi.

Indonesia sendiri dikenal memiliki beragam kopi yang telah diakui di dunia citarasanya. Sebut saja kopi arabika dari Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut), Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu), Jawa dan Kalosi (Toraja).