Berusia 10 Tahun, Tokopedia Punya Rencana Ekspansi ke Luar Negeri?

19 August 2019 - by

Tahun ini, Tokopedia mengukuhkan diri sebagai salah satu startup lokal yang bisa menembus umur 10 tahun.

Lantas, seperti apakah proyeksi bisnis Tokopedia di satu dekade mendatang? Akankah Tokopedia mengembangkan bisnisnya hingga ke luar negeri?

"10 Tahun ke depan, Tokopedia akan fokus untuk membantu semua orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk menjadi perusahaan teknologi. Artinya, untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, tidak mungkin kita bisa mengubah semua orang untuk menjadi perusahaan e-commerce," kata CEO sekaligus founder Tokopedia William Tanuwijaya, Minggu (18/8/2019).

Untuk memeratakan perekonomian digital secara nasional, lanjut William, pihaknya harus mampu membangun ekosistem yang menjadi solusi nyata bagi hampir semua profesi yang ada di Indonesia, bagaimana mereka bisa menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka akan selalu relevan terhadap perubahan zaman.

Perlahan tapi pasti, sayap bisnis Tokopedia diarahkan untuk menjangkau seluruh kawasan di Indonesia

"Bagi kami, Boyolali dan sekitarnya lebih penting dari Bangkok dan sekitarnya. Makassar dan sekitarnya lebih penting dari Manilla dan sekitarnya. Perjalanan masih sangat panjang dan #KamiBaruMulai," lanjut William.

Artinya, Tokopedia akan memperkuat perekonomian digital Indonesia terlebih dahulu ketimbang terburu-buru melakukan ekspansi bisnis ke mancanegara.

"Tokopedia harus bisa terus menjadi platform dimana semua orang bisa memulai, platform dimana semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama," tandasnya.

 

Berita Terkait: