Biar Internet di Jalur Mudik Enggak Lelet, Telkomsel Bangun 12.000 BTS

18 May 2018 - by

Uzone.id - Jelang Lebaran, saat warga dari kota besar mulai mudik, biasanya trafik jaringan seluler di daerah meningkat drastis. Ini terjadi hampir setiap tahun.

Semua operator seluler biasanya mengantisipasi ini dengan memperbaiki jaringan, namun Telkomsel selangkah lebih maju dengan menambah base transceiver station (BTS) di titik-titik yang dianggap bakal sesak oleh pemudik.

BTS yang mereka bangun sepenuhnya sudah mendukung jaringan 4G LTE secara multi-band. Artinya, bukan cuma voice dan SMS yang dijaga, tapi juga layanan internet yang dipastikan bakal meningkat.

"Saat lebaran, trafik data akan meningkat 40% dari hari biasa. Bahkan kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya naik sampai 137%," kata Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan saat Media Gathering di Lombok, (11/5) lalu.

Menurut Bob, meningkatnya penggunaan data dipicu oleh kebiasaan pengguna yang kini lebih aktif di sosial media dan streaming video. Ada 5 aplikasi yang bakal menguras banyak kuota pengguna, YouTube, Instagram, Facebook, WhatsApp dan Google.

Bob Apriawan saat memaparkan kesiapan jaringan Telkomsel menghadapi Mudik 2018 (eno/uzone.id)

Selain di lajur mudik, Telkomsel juga memperkuat jaringan mereka di tempat-tempat wisata. Karena berdasarkan pengalaman mereka, para pemudik juga akan mengisi liburan mereka dengan pergi ke tempat wisata.

"Ada 772 Point of Interest yang kami optimalkan. Tidak hanya tempat wisata, tapi juga mall, terminal bus, bandara, bahkan pasar tradisional," tambah Bob.

Dari 12.000 BTS 4G yang dibangun Telkomsel untuk mudik 2018, 26% di antaranya menggunakan frekuensi 2.300 MHz, 8% di pita frekuensi 2.100 MHz, 60% di pita frekuensi 1.800 MHz, dan 5% di pita frekuensi 900 MHz. Pita frekuensi 1.800 MHz merupakan pita frekuensi utama untuk menggelar layanan LTE.

Pita frekuensi 900 MHz difokuskan untuk melayani wilayah-wilayah tidak padat penduduk yang dapat menghasilkan jangkauan layanan lebih luas. Pita frekuensi 2.100 MHz dimanfaatkan untuk menghadirkan layanan tambahan LTE.

Ilustrasi live streaming / © Trisno Heriyanto (uzone.id)

Sementara pita frekuensi 2.300 MHz dimaksimalkan sebagai solusi layanan di wilayah-wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Di samping membangun belasan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.