Bocoran Samsung Galaxy S23, Spek Upgrade Tapi Kamera Masih Sama

20 October 2022 - by

Uzone.id - Tinggal beberapa bulan lagi Samsung Galaxy S23 Series bakal melakukan debutnya. Suksesor Samsung Galaxy S22 Series itu diharapkan akan diluncurkan pada Februari 2023 mendatang, seperti sebelum-sebelumnya. 

Kalau sesuai timeline, masih 4 bulan lebih smartphone tersebut didatangkan secara resmi ke pasaran global. Kendati masih lama, tapi sudah banyak bocoran terkait smartphone flagship ini yang berseliweran di dunia maya.

Advertising
Advertising

Salah satunya spesifikasi utama dari Samsung Galaxy S23 versi standar. Untuk diketahui, rumornya ada tiga tipe yang akan diperkenalkan Samsung nanti, varian standar, Plus dan Ultra dengan spesifikasi tertinggi.

Mengutip dari Android Authority, leakster terkenal bernama Yogesh Brar mengungkap gambaran spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy S23 standar, mulai dari layar, kamera, prosesor, baterai, dan lain sebagainya.

Samsung Galaxy S23 masih mengusung ukuran layar yang sama seperti sebelumnya, yakni 6,1 inci. Jenis panelnya Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi Full HD+.

Baca juga: Desain Baru Samsung Galaxy S23 Malah Mirip Galaxy S22 Ultra

Samsung masih belum memakaikan panel LTPO AMOLED pada model standar ini, sehingga sudah bisa dipastikan teknologi refresh rate-nya masih belum adaptif.

Leakster lainnya, Ice Universe sempat menyebut kalau layar Samsung Galaxy S23 lebih fullscreen dari sebelumnya. Bezel yang mengelilingi layarnya jauh lebih tipis, bahkan cenderung simetris.

Samsung juga belum menerapkan teknologi under display camera (UDC) untuk Galaxy S23. Tetap ada punch hole atau lubang kamera sebagai tempat bagi kamera selfie 10 MP.

Di belakang, Samsung mengubah desain Galaxy S23. Kini, desainnya terinspirasi dari Samsung Galaxy S22 Ultra, dimana kameranya seolah menyatu dengan penampang belakang yang berbahan dasar kaca.

Ada tiga kamera di belakang dengan konfigurasi yang masih sama seperti sebelumnya. Kamera utamanya 50 MP dengan OIS (optical image stabilization), kamera ultrawide 12 MP dan kamera telephoto 10 MP.

Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2

Samsung Galaxy S23 diharapkan menjadi salah satu smartphone pertama di Bumi yang ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2. SoC (system on chip) ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB.

Baca juga: Gak Ada Lagi Masalah Overheat di Snapdragon 8 Gen 2

Ya, konfigurasinya masih terasa sama dengan generasi yang lalu. Sementara untuk baterai, kapasitas ponsel ini sedikit lebih besar, tepatnya menjadi 3.900 mAh atau naik 200 mAh dari sebelumnya.

Teknologi pengisian dayanya masih saja serupa, yakni fast charging 25W dengan wireless charging 15W. Sudah pasti, gak ada adaptor charger dalam paket pembelian. Tapi, pengguna setidaknya masih bisa memakai adaptor yang lalu untuk mengisi baterai S23.

Samsung Galaxy S23 pun bakal langsung berjalan di sistem operasi One UI 5 berbasis Android 13. Sistem operasi ini menyimpan banyak fitur baru, termasuk memudahkan pengguna untuk menjadikan video pendek sebagai lockscreen, mencegah pengguna menyebarluaskan foto berisi informasi sensitif, Bixby Text Call dan lain sebagainya.

Baca juga: Ragam Fitur di One UI 5, Bisa Pasang Video jadi Lock Screen

Hingga kini, Samsung masih belum mengungkap kapan jadwal rilis dari Galaxy S23 Series. Bisa saja, timeline-nya bakal sama dengan generasi sebelumnya.