Bukan di Indonesia, Apple Store Terbaru Bakal Dibuka di Malaysia

27 January 2023 - by

Uzone.id - Bukannya Indonesia, tapi Malaysia menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang memiliki toko resmi Apple Store, setelah Singapura dan Thailand. Agak bikin ‘patah hati’, terutama bagi para Apple Fanboy di tanah air yang jumlahnya tak sedikit.

Menurut data dari StatCounter per Desember 2022, pangsa Apple di pasar smartphone Indonesia mencapai 10,61 persen di bawah Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo. Kebayang dong seberapa besarnya jumlah pengguna iPhone di tanah air?

Advertising
Advertising

Namun alih-alih membuka toko resminya di Indonesia, Apple justru berencana membuka Apple Store ketiganya di Asia Tenggara di Malaysia. Hal ini diketahui dari pengumuman lowongan kerja untuk Apple Store di situs resmi mereka.

“Apple telah mulai mempekerjakan karyawan untuk mendorong ritel ke Malaysia, bersiap untuk membawa jaringannya ke negara Asia untuk pertama kalinya,” lapor Bloomberg, dikutip Uzone.id.

Baca juga: Film Original Netflix, Apple TV+ dkk Kurang ‘Laku’ di Oscar 2023

Dari pantauan tim Uzone.id, lebih dari 5 lowongan disebar Apple dengan lokasi pekerjaan di Malaysia. Mulai dari Manager, Senior Manager, Store Leader, Business Pro, Business Expert, Technical Specialist, Creative, dan lain sebagainya. Semua lowongan serentak dibuka pada 27 Januari 2023. 

“Daftar tersebut menunjukkan bahwa posisi tersebut adalah untuk toko ritel Apple sendiri, bukan lokasi pengecer pihak ketiga yang telah lama beroperasi di Malaysia,” jelas Bloomberg dalam laporannya.

Kendati begitu, belum diketahui dimana lokasi Apple Store di Malaysia. Namun, disinyalir toko Apple ini akan dibuka di wilayah Kuala Lumpur, karena dua lokasi pekerjaan tertulis berada di ibu kota Malaysia tersebut.

Baca juga: 5 Alasan iPhone Kalian Gak Perlu Pakai Casing

Apple Store di Malaysia kemungkinan akan diresmikan setelah Apple membuka toko resminya di Mumbai, India pada Maret 2023 mendatang. 

Flashback sedikit, Apple Store pertama dibuka mendiang Steve Jobs pada 2001 silam. Kala itu, pembukaan toko resmi tersebut sempat menuai komentar miring, seperti keputusan Apple membuka toko ritel adalah keputusan yang tidak tepat, investasi desain toko yang mewah sangat konyol dan sia-sia, dan sebagainya.

Tapi kekukuhan Steve Jobs malah menuai sukses. Apple Store kini menjadi toko ritel paling menguntungkan di dunia, seperti dikutip dari 9to5Mac. Adapun di Asia tenggara, terakhir kali Apple membuka toko resmi di Thailand pada tahun 2018 lalu.