Bunglon Terkecil dengan Lidah Terpanjang dan Tercepat

pada 9 tahun lalu - by
Advertising
Advertising
Tak hanya mampu berkamuflase mengubah warna kulit menyerupai keadaan sekitarnya, ternyata bunglon pun memiliki keistimewaan lain. Salah satunya adalah kemampuan memangsa dengan lidahnya yang panjang.

Dan baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa bunglon terkecil justru memiliki lidah yang lebih panjang, lebih cepat, dan lebih bertenaga ketimbang bunglon jenis lain yang memiliki ukuran tubuh lebih besar.

Seperti dikutipChristian Science Monitordari jurnalScientific Reports, Bunglon berhidung mawar (Rhampholeon spinosus), panjang tubuhnya memang hanya sekitar empat centimeter. Namun, saat beraksi menangkap mangsa, lidahnya bisa melar hingga 2,5 kali panjang tubuhnya sendiri.

Tak hanya panjang, lidah bunglon itu mampu berakselerasi dari 0 ke 96 km per jam hanya dalam hitungan seperseratus detik. Bayangkan, akselerasi itu 264 kali lebih cepat dari akselerasi gravitasi. Jadi, tak butuh lebih dari 20 milidetik bagi bunglon imut ini untuk melumpuhkan mangsanya.



"Faktanya, akselerasi dan power output yang kami catat merupakan akselerasi dan power output tertinggi yan pernah dilaporkan bagi amniota (vertebrata berkaki empat yang bertelur atau mengandung)," kata Christopher V Anderson, peneliti yang mempublikasikan riset tersebut.

Tak heran bila sistem lidah yang dimiliki bunglon jenis ini juga cukup canggih. "Organ lidahnya merupakan mekanisme kompleks yang memiliki otot, jaringan elastis, dan tulang lidah," Anderson menambahkan.

Saat membidik mangsa dan menembakkan lidahnya, mirip dengan seperti saat manusia menembakkan anak panah. Untuk meneliti kecepatan tembak lidah bunglon ini, sulit dilakukan dengan mata telanjang. Oleh karenanya, Dr Anderson menggunakan video berkecepatan tinggi 3000 frame per detik.

Ia mengatakan, ada 203 spesies bunglon, dan banyak di antaranya berukuran kecil. Penelitian-penelitian sebelumnya hanya mencatat spesies bungon yang panjang lidahnya sekitar dua kali panjang tubuhnya.

[caption id="attachment_15449" align="alignnone" width="600"]Bunglon lidah mawar[/caption]

Mengapa bunglon mungil bisa memiliki lidah yang demikian panjang? "Hewan berukuran kecil, biasanya membutuhkan lebih banyak makanan ketimbang hewan bertubuh besar. Hanya karena bagaimana metabolisme bisa memenuhi ukuran tubuhnya," kata Anderson.

Karena tubuhnya kecil, maka bunglon jenis ini mengandalkan lidahnya untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya. Bahkan Anderson memperkirakan bahwa bunglon jenis ini pun bisa memangsa hewan yang ukuran tubuhnya lebih besar dari tubuhnya.

Jadi, tak selamanya ukuran besar lebih unggul, bukan? Bagi bunglon hidung mawar ini, lebih kecil: lebih cepat, lebih panjang, juga lebih kenyang.