Bye Qualcomm, Apple Mau Bikin Modem 5G Sendiri untuk iPhone

12 December 2020 - by

Foto: dok. Apple

Uzone.id -- Setelah memutuskan untuk membuat chip ARM sendiri bernama Apple Silicon yang menggantikan Intel pada lini produk Mac, Apple kini dikabarkan akan mengembangkan chip modem sendiri untuk iPhone, khususnya yang mendukung jaringan 5G.

Dari laporan yang beredar, pimpinan divisi chip Apple disebut-sebut telah mengungkapkan transisi chip kedua kepada tim internal. Transisi chip tersebut sudah masuk ke tahap awal, yakni berupa modem seluler yang mengindikasikan kalau Apple siap lepas dari Qualcomm.

Advertising
Advertising

“Tahun ini, kami secara perdana mengumumkan pengembangan modem seluler internal pertama yang dapat berguna untuk kunci transisi strategis berikutnya,” ungkap SVP Hardware Apple, Johny Srouji seperti dikutip dari Bloomberg.

Baca juga: Baru Dirilis, Headphone Apple Airpods Max Langsung Diejek

Apple sendiri telah memegang kontrak lisensi dengan Qualcomm sejak 2019. Sementara Apple membeli bisnis modem ponsel milik Intel pada Juli lalu, dan kemudian muncul spekulasi kalau tinggal menunggu waktu saja bagi Apple untuk menggunakan modem tersebut untuk mengembangkan chip radio sendiri.

Dari bocoran yang beredar juga menyebut kalau pengembangan modem chip mandiri Apple ini menjadi bagian dari langkah perusahaan untuk menyambut jaringan 5G -- dalam hal ini, perangkat iPhone yang sudah mendukung 5G itu sendiri.

Baca juga: Deretan Ponsel yang Akan Dibekali Snapdragon 888 dari Qualcomm

Jika Apple berhasil mengembangkan radio seluler sendiri, perusahaan pimpinan Tim Cook ini bisa semakin lepas dari ketergantungannya terhadap Qualcomm. Banyak yang berharap, chip modem Apple ini bisa memberikan performa radio dan ketahanan baterai iPhone lebih baik lagi.

Diketahui kabar seputar pembuatan chip modem Apple ini menyebabkan saham Qualcomm merosot sebanyak 9 persen pada Jumat (11/12).

Padahal sebelumnya saham Qualcomm dari pantauan Marketwatch sempat mengalami kenaikan berkat ada prediksi pasar yang meyakini kalau iPhone 5G generasi berikutnya akan menggunakan chip dari Qualcomm.

VIDEO: Review Asus ROG Phone 3 Versi Termahal