Cara Mengamankan ID Apple

24 November 2019 - by

ID Apple sangat penting karena menautkan ke semua layanan Apple serta kunci untuk mengakses data-data penting yang tersimpan dalam akun iCloud. Oleh karena itu, jika seseorang berhasil mendapatkan akses ke ID Apple, mereka dapat mencuri konten dan data pribadi.

Dilansir laman Tech Radar, berikut beberapa cara engamankan ID Apple:

1. Perbarui kata sandi

Advertising
Advertising

Pengguna Apple perlu memperbarui kata sandi ID Apple secara rutin, meskipun hal tersebut memang merepotkan. Untuk memperbaruinya, buka akses appleid.apple.com, masuk, dan klik Edit di sebelah bagian Security.

Pengguna akan melihat kapan terakhir kali mengubah kata sandi. Jika sudah lama sekali, klik Change password untuk memperbarui kata sandi.

2. Keluar dari perangkat lama

Ketika pengguna menggunakan banyak perangkat, maka ID Apple akan dikaitkan dengan perangkat-perangkat tersebut. Jika pengguna berniat menjual salah satunya, pengguna pun harus menghapusnya agar aman.

Untuk melacak perangkat apa saja yang terkait dengan ID Apple, pengguna dapat melihat bagian perangkat dari situs web ID Apple. Pengguna dapat memilih perangkat dan melihat modelnya, versi OS, dan nomor seri. Klik Remove from account untuk menghapus ID Apple dari perangkat.

3. Aktifkan otentikasi dua faktor

Apple telah menawarkan fitur otentikasi dua faktor. Setelah aktif, ketika pengguna ingin masuk ke perangkat baru maka pengguna harus memverifikasi identitas melalui kode yang dikirim ke iPhone, iPad, atau iPod touch.

Ilustrasi Apple ID. [Shutterstock]

Otentikasi dua faktor diatur di Settings. Ketuk nama pengguna, lalu Password & Security > aktifkan Two-Factor Authentication. Pengguna harus memasukkan detail untuk nomor telepon terpercaya untuk menerima kode verifikasi.

4. Buat jawaban keamanan yang sulit

Jika pengguna tidak ingin menggunakan otentikasi dua faktor, pengguna dapat memilih untuk melindungi akun dengan pertanyaan keamanan. Pertanyaan ini mungkin ditanyakan kepada pengguna ketika menggunakan ID Apple secara online. Oleh karena itu, buatlah jawaban keamanan yang tidak mudah ditebak dan tidak terpikirkan oleh orang lain.

5. Waspada dengan phishing email atau pesan teks

Email phishing adalah email yang seolah terlihat seperti artikel asli dan akan menautkan pengguna ke akun Apple. Oleh karena itu, jangan pernah mengklik tautan dari email yang terlihat mencurigakan.

 

Berita Terkait: