Cara Pindahkan History Chat WhatsApp dari iPhone ke Ponsel Android

06 September 2021 - by

Foto: Unsplash

Uzone.id -- Sebagai layanan pesan instan populer di dunia, WhatsApp paham betul kebutuhan penggunanya, termasuk cara memindahkan riwayat atau history chat. Kemampuan baru ini pun melibatkan antar platform, yakni migrasi chat dari iOS ke Android.

Pengumuman dari WhatsApp ini menyusul dari apa yang diperkenalkan Samsung pada pertengahan Agustus lalu tentang fitur yang memungkinkan migrasi riwayat chat WhatsApp dari perangkat Samsung sendiri yang merupakan Android ke iPhone.

Advertising
Advertising

Ada beberapa langkah untuk memindahkan history chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Samsung, barangkali kalian ada yang baru mengganti ponsel.

1. Nyalakan ponsel Samsung dan sambungkan dengan kabel USB-C-Lightning ke iPhone

2. Ikuti instruksi Samsung Smart Switch

3. Saat diminta, scan QR Code yang muncul di perangkat Samsung menggunakan kamera iPhone

4. Lanjutkan pengaturan di perangkat Samsung

5. Ketika pengguna menuju Home, buka aplikasi WhatsApp dan login menggunakan nomor telepon yang sama di iPhone

6. Klik ‘Import’ ketika diminta, dan biarkan prosesnya sampai selesai

7. Selesaikan aktivasi ponsel Samsung dan chat-chat di WhatsApp resmi pindah ke Samsung.

Baca juga: Akhirnya History Chat WhatsApp Bisa Pindah dari iOS ke Android

Mengutip The Verge, usai migrasi tersebut selesai, iPhone masih memiliki data WhatsApp seperti semula, kecuali pengguna benar-benar menghapus WhatsApp atau melakukan reset total iPhone.

“Jika kalian memindahkan dari iPhone ke perangkat Android Samsung, kalian bisa memindahkan informasi akun, foto profil, chat pribadi, chat grup, riwayat chat, media, dan pengaturan. Kalian tidak bisa memindahkan riwayat panggilan atau nama profil,” tulis pihak WhatsApp di blog perusahaan.

Lalu, dari penjelasan WhatsApp, migrasi chat WhatsApp ini hanya bisa dilakukan ke perangkat Android Samsung yang benar-benar baru, atau ponsel tersebut harus di-reset factory terlebih dahulu.

Baca juga: Stiker 'Money Heist' Ada di WhatsApp, Ini Cara Download-nya

Sementara syarat lainnya, iPhone yang dapat melakukan perpindahan data WhatsApp ini minimal memiliki aplikasi versi 2.21 160.17 ke atas. Sedangkan ponsel Samsung minimal harus memiliki aplikasi WhatsApp versi 2.21 16.20 ke atas.

Yang jelas, data WhatsApp yang dipindahkan tersebut tidak disimpan di memori cloud. Pihak WhatsApp juga mengklaim bahwa mereka tidak bisa mengintip data yang dipindahkan, alias privasi pengguna tetap terjaga.

VIDEO: Unboxing Duo GT, Realme vs. Poco X3