Daihatsu Bangun Pabrik Lagi di Karawang Senilai Rp2,9 Triliun

05 February 2023 - by

Uzone.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan seremoni groundbreaking untuk pembangunan pabrik perakitan baru yang modern dan ramah lingkungan di Karawang Assembly Plant, yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Pembangunan fasilitas perakitan baru ini bertujuan agar ADM dapat terus menyediakan kendaraan berkualitas tinggi kepada pelanggan dengan harga yang tetap kompetitif, sekaligus menjaga keberlanjutan perusahaan.

Advertising
Advertising

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Dody Widodo mengatakan pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada komitmen Daihatsu yang menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Daihatsu di luar Jepang.

BACA JUGA: Wuling dan Uzone.id Edukasi New Energy Vehicle ke Komunitas

Hal ini juga menjadi bukti bahwa PT Astra Daihatsu Motor berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mengembangkan industri kendaraan bermotor di Indonesia.

“Kami berharap, ke depannya ADM dapat terus berinovasi dan berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif Indonesia, memantapkan posisinya sebagai salah satu produsen kendaraan roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara bahkan di dunia,” ujar Dody dalam siaran pers yang diterima Uzone.id

Pabrik baru dengan nilai investasi sekitar Rp2,9 Triliun ini akan mengadopsi konsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact), serta memiliki kapasitas produksi sebesar 140.000 unit per tahun.

Pabrik ini juga mendukung berbagai aspek produksi, seperti teknologi yang modern, lingkungan dan tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan, serta kualitas dan tingkat pengiriman yang lebih cepat.

Fasilitas pabrik baru yang akan dibangun ini nantinya akan memanfaatkan energi terbarukan yang dapat mengurangi kadar emisi karbon hingga 20 persen.

Seremoni rencana pembangunan fasilitas produksi terbaru ini merupakan pembaruan dan akan menggantikan pabrik yang sebelumnya berlokasi di Sunter, tepatnya Lini 1, yang telah beroperasi selama 27 tahun.

Pembangunan ini sekaligus merupakan kelanjutan dari pembangunan pabrik sebelumnya yang pernah diresmikan di Karawang, yaitu Karawang Assembly Plant Line 1 pada tahun 2011 lalu.

“Seremoni Groundbreaking ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada seluruh pihak, khususnya kepada pemerintah Indonesia, mitra Daihatsu, serta seluruh pelanggan setia,” ujar Yasushi Kyoda, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor.

Baca juga: Skutik Honda Cuma Rp13 Jutaan Resmi Diluncurkan!

Sebagaimana diketahui, ADM telah hadir selama hampir 45 tahun sejak tahun 1978. Daihatsu juga berhasil mempertahankan posisi ke-2 dalam penjualan otomotif di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut sejak tahun 2009.

Capaian produksi Daihatsu pada tahun 2022 lalu juga catatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia dengan capaian lebih dari 560 ribu unit produksi.

Peresmian dilakukan oleh Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dody Widodo; Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi; Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Ir. H. Hanafi, MM; tiga perwakilan pemegang saham PT Astra Daihatsu Motor, seperti Executive Vice President of Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC), Hiromasa Hoshika; Direktur PT Astra International Tbk, Hamdhani Dzulkarnaen Salim; Regional Chief Executive Officer Toyota Tsusho Asia Pacific, Mitsuhiro Tsubakimoto; Presiden Direktur ADM Yasushi Kyoda, dan Wakil Presiden Direktur ADM Erlan Krisnaring Cahyono.