Daihatsu Bersiap Jualan Mobil Turbo di Indonesia

13 February 2020 - by

Uzone.id - Tren mobil turbo memang belum banyak-banyak amat di Tanah Air. Tapi, potensi mesin turbo ternyata bukan sekedar soal performa, namun banyak benefit lain.

Karenanya, sudah sejak beberapa waktu terakhir ini, Daihatsu Indonesia terlihat sedang melakukang pengujian mobil turbo untuk pasar Indonesia melalui sosok Daihatsu Thor.

Apalagi, setelah di Jepang muncul Daihatsu Rocky yang juga menggunakan mesin turbo, ngebuat opini publik seolah menanyakan satu pertanyaan besar. Mau apa Daihatsu dengan mobil-mobil turbonya?

Advertising
Advertising

Baca juga: Virus Corona dan Dampaknya Terhadap Daihatsu

Pendalaman riset yang dilakukan Daihatsu terhadap mobil turbo untuk Indonesia, kemungkinan besar bakal menggunakan mesin kecil, berkapasitas 1.000cc aja.

Nah, menurut hasil tes jalan sementara dari tim research and development (RnD) Daihatsu Indonesia, mesin 1.000 cc turbo yang diwakilkan oleh multi purpose vehicle (MPV) Thor dinyatakan cocok untuk digunakan sehari-hari.

"Kami memang masih melakukan uji jalan menggunakan Thor. Ini untuk studi karena kami masih yakin bahwa mesin Daihatsu yang 1.0 turbo cocok untuk konsumen," kata Direktur Marketing Daihatsu Indonesia, Amelia Tjandra.

Meski pengujiannya dilakukan menggunakan Daihatsu Thor, namun Amelia memastikan untuk mobil yang kalau nantinya jadi dipasarkan, gak harus Daihatsu Thor. Apalagi Amelia juga mengakui, mobil pintu geser kurang peminat di Indonesia.

Harapannya sih, mobil-mobil seperti Ayla dan Sigra bisa dipasangi turbo, karena bisa lebih menjangkau banyak orang, khususnya anak-anak muda yang peduli soal performa dan efisiensi bahan bakar sebuah mobil.

"Tren ke depan, kita melihat turbo akan menjadi pilihan mereka segmen milenial. Jadi Daihatsu harus antisipatif, kalau tren ini datang kita sudah siap. Kalau sekarang kita lihatnya belum besar, tapi tetap studi harus terus dijalankan agar produk yang dikeluarkan Daihatsu tepat dan sesuai kebutuhan," tutup Amel.

VIDEO SUV Listrik Outlander PHEV Tes Keliling Bali