Desa di Pesisir Barat Lampung Kini Sudah Diselimuti Telekomunikasi 4G

16 January 2020 - by

Uzone.id - XL Axiata baru saja membangun jaringan 4G di salah satu daerah dengan kategori Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T). Kali ini mereka membangunnya di Desa Bandar Dalam, Bengkunat Belimbing, yang masuk dalam Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Pihak XL berharap keberadaan jaringan data 4G di setiap area, termasuk di Desa Bandar Dalam, Pesisir Barat tersebut bisa memacu roda perekonomian masyarakat setempat. Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan yang potensi ekonomi daerah, atau meningkatkan produktivitas berbagai sektor, termasuk usaha kecil menengah.

Advertising
Advertising

“Selain itu, keberadaan layanan data setingkat 4G akan bisa menjembatani masyarakat sekitar dalam mengakses informasi yang setara dengan daerah lain,” ujar Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, dalam keterangannya, Kamis, 16 Januari 2020.

Baca juga: Twitter Tegaskan Tak Akan Bikin Fitur Edit Tweet

Dikatakan Desy, di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya telah beroperasi sekitar 10 BTS  4G dari program USO. Sebelumnya telah beroperasi BTS USO di kabupaten Natuna, abupaten Seluma, Bengkulu, serta di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

“Semua BTS USO itu merupakan bagian dari pembangunan dan pengoperasian jaringan USO di total 289 titik yang berlokasi di berbagai provinsi yang dilaksanakan XL Axiata sepanjang 2019,” kata Desy.

Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di Lampung didukung sekitar 2.500 BTS, termasuk sekitar 1.900 BTS data (3G dan 4G). Pelanggan di Lampung lebih dari 800 ribu, meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Bahkan pada Natal dan Tahun Baru 2020, trafik data di wilayah itu meningkat 13 persen dari kondisi normal.

“Tercatat lebih dari 24 ribu BTS, termasuk sekitar 18 ribu BTS data (3G & 4G) di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya yang menjangkau lebih dari 150 kota/kabupaten. Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera mencapai sekitar 19 persen dari jumlah pelanggan nasional, dengan jumlah pelanggan data mencapai lebih dari 95 persen,” ujar xead of Sales Lampung, Sumsel Outer, Bengkulu, Budi Utama Lubis.