Donald Trump Luncurkan NFT, Langsung Ludes Terjual

17 December 2022 - by

Uzone.id - Sebuah situs web yang menawarkan kartu perdagangan digital yang menampilkan Non-Fungible Token atau NFT mantan Presiden AS Donald Trump dengan cosplay mirip pahlawan super, astronot, dan pembalap Nascar telah ludes terjual.

Trump sendiri mulai mempromosikan 'kartu edisi terbatas' buatannya itu pada Kamis (15/12/2022) malam, dengan mengatakan orang bisa "bikin hadiah Natal yang luar biasa."

Advertising
Advertising

Pria yang dijuluki Raja Real Estate itu menyediakan 45.000 kartu, di mana masing-masing dijual seharga USD99 atau setara Rp1,5 jutaan (kurs Rp15.603), menurut OpenSea.

BACA JUGA: Daftar Ponsel Samsung A dan M Series yang Sudah Bisa Pakai One UI 5

Namun, penjualan NFT yang dilakukan Trump sempat menuai kritik dan ejekan, termasuk dari kalangan Partai Republik sendiri.

Steve Bannon, komentator media sayap kanan dan mantan kepala strategi Trump, mengatakan bahwa siapa pun yang terlibat dalam proyek itu "harus dipecat hari ini," seperti dilansir dari BBC.

Kemudian, ada juga laporan untuk Kongres AS tahun ini mencatat bahwa NFT telah digunakan untuk mengumpulkan data kartu kredit dan informasi keuangan lainnya, hingga menjadi sasaran penipuan lainnya.

Sebelumnya, Trump juga sudah meluncurkan media sosialnya sendiri yang diberi nama Truth Social sudah bisa diakses lewat Google Play Store.

BACA JUGA: Desain Oppo Find X6 Bocor, Kok Mirip Galaxy S20 Ultra?

Truth Social ini hadir pertama kali pada Februari 2022 di Apps Store milik Apple, sebelum mendarat di Play Store.

Sayangnya, Truth Social baru tersedia untuk kawasan AS saja. Belum diketahui kapan akan hadir di negara lain.

Trump memutuskan untuk mendirikan perusahaan media sosialnya sendiri gara-gara dilarang masuk ruang media sosial terkenal macam Twitter dan Facebook.

Truth Social dikembangkan perusahaan Trump Media and Technology Group (TMTG). Namun, perusahaan ini sempat mengalami masalah pendanaan.