Esemka Masih Merangkak, Mobil Buatan Vietnam Malah Tambah Mewah

08 August 2020 - by

VinFast President (Paultan)

Uzone.id - VinFast, merek mobil Vietnam, sudah melangkah makin maju saja nih. Baru-baru ini, VinFast mengumumkan model terbaru yang diberi nama President yang dibuat dengan edisi terbatas.

SUV ini mengambil basis LUX SA2.0 yang pernah dipamerkan di Geneva Motor Show 2019.

Berbeda dengan LUX SA2.0, President mendapatkan visual yang bikin kagum, termasuk kap mesin berventilasi, gril depan berbahan mesh, roda besar 22 inci dan pipa knalpot quad.

Advertising
Advertising

Ada juga aksen emas yang terlihat pada roda, rail roof, trim jendela, panel bodi samping, trim bumper dan logo.

Presiden mendapatkan mesin V8, bukan 2.0L turbo empat-silinder yang terdapat pada LUX SA2.0 biasa.

Meskipun VinFast tidak menyebut mesin besar itu berasal dari mana, namun sumber melaporkan mesin dipasok oleh General Motors, yakni mesin 6.2L LS V8 bertenaga 455 hp dan torsi 624 Nm. Mobil ini diklaim mencapai kecepatan tertinggi 300 km / jam, seperti dilansir Paultan.

LUX SA2.0 punya basis yang sama dengan BMW X5 di mana sasisnya mampu meredam suara dengan sangat baik.

Untuk interior, VinFast mengatakan akan membalutnya dengan bahan suede dan serat karbon agar sesuai dengan gaya sporty mobil ini.

Baca juga: Pabrik Esemka Kosong dan Karyawan Dipecat, Drama Baru Lagi?

Meskipun VinFast belum menyebut kapan mobil edisi terbatas ini dijual, namun ada laporan Presiden akan dijual tahun ini. Sayangnya, harga pun belum ada bocorannya.

Vietnam saja sudah bisa membuat mobil mewah. Kita jadi teringat dengan merek mobil asal Indonesia, Esemka yang belum kelihatan taringnya di dalam negeri.

Merek mobil yang berjasa melambungkan nama Presiden RI Joko Widodo ini telah diterpa isu tak sedap. Rumornya, Esemka telah gulung tikar di tengah pandemi Covid-19. 

Selain itu, PT Solo Manufaktur Kreasi juga rumornya telah memecat karyawannya.

Sabar Budhi, juru bicara Esemka, telah membantah kalau kosongnya pabrik karena perusahaan melakukan PHK.

"Itu berita tidak benar mas. Pabrik kosong karena kami menerapkan protokol kesehatan. Ada piket, hadirnya bergilir," ujar Sabar.

Esemka sendiri sudah bukan nama yang asing di kancah perotomotifan Tanah Air. Merek ini sedari lahir penuh kontroversi justru karena banyak informasi yang tidak jelas dan simpang siur.

Mulai dari hanya sebagai 'kendaraan politik', sampai cuma sekedar mengaku-ngaku produk dalam negeri padahal hanya menjiplak produk dari China.

VIDEO Test Drive SUV Murah MG ZS