Ethereum Tembus Rp40 Juta, Diprediksi Meningkat Lagi

29 April 2021 - by

Uzone.id - Harga aset kripto Ethereum tercatat mencapai rekor tertingginya sepanjang sejarah (all time high/ATH), yaitu Rp40 juta. Kemungkinan besar, harganya akan terus naik.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, kenaikan harga Ethereum mencapai lebih dari 10 kali lipat. Setahun yang lalu, harga Ethereum hanya Rp32 juta. Dia mengungkapkan, kenaikan Ethereum terjadi, karena European Investment Bank menerbitkan obligasi digital di jaringan blockchain Ethereum.

Advertising
Advertising

“Kenaikan harganya terjadi karena EIB membuat jaringan obligasi digital di jaringan blockchain Ethereum. EIB dikabarkan berencana menerbitkan obligasi 100 juta Euro,” ujar Oscar dalam pernyataan resminya.

Menurutnya, Ethereum adalah altcoin (alternatif coin selain Bitcoin) yang memiliki fundamental serta utilitas yang paling baik, hingga saat ini. Ethereum memiliki fungsi sebagai jaringan blockchain sebagai wadah lahirnya kripto baru serta project blockchain baru.

Baca juga: Bitcoin Sumbang Penghasilan Tesla Sebesar Rp1,46 T

“Jaringan Ethereum adalah jaringan yang paling banyak digunakan. Fundamental serta utilitas Ethereum memang baik. Sehingga Ethereum adalah aset kripto terpopuler nomor dua setelah Bitcoin atau altcoin terbaik yang ada hingga saat ini,” katanya.

Hal ini juga bisa dilihat dari market cap Ethereum di pasar global yang hari ini mencapai USD311 miliar. Market cap nya hanya kalah dari Bitcoin USD1 triliun. Sedangkan volume Ethereum mencapai USD33 miliar.

Selain itu, kenaikan harga Ethereum juga kemungkinan besar bisa terus berlanjut. Bisa saja, pihak bank lain akan melakukan hal yang sama dan membuat obligasi digital di jaringan Ethereum. Karena hal ini masih jarang dilakukan oleh perbankan.

Itu adalah salah satu faktor yang bisa mengangkat harga Ethereum ke depannya. Selain itu, ada faktor lain yang meningkatkan harga Ethereum, terutama soal upgrade atau pengembangan teknologi.

Baca juga: 9 Ahli Ungkap Penyebab Harga Dogecoin Melesat Naik

Menurut Oscar, Ethereum sedang dalam tahap pembenahan mengatasi kelemahan yang dia miliki. Ini ditandai dengan upgrade Ethereum 2.0. Nantinya, Ethereum akan memiliki jaringan yang lebih cepat dan dengan biaya yang lebih murah.

“Selain itu, pada pertengahan tahun ini, Ethereum akan Upgrade EIP-1559, dimana akan banyak Ethereum akan di burn. Seperti yang kita tahu, burn kemungkinan besar menyebabkan harga aset kripto meningkat bahkan hingga ratusan kali lipat,” sebutnya.

Kenaikan harga Ethereum ini juga kemungkinan sebagai tanda altcoin season. Artinya, musimnya kenaikan harga altcoin. Bitcoin memang sempat mengalami penurunan harga pada pekan lalu. Meski penurunan tersebut juga menyebabkan menurunnya harga altcoin, dan, Ethereum masih tetap berada pada level tertinggi.

“Pada saat Bitcoin masih belum kembali ke harga tertinggi, atau masih berkisar di harga Rp800 jutaan, Ini memang penurunan yang biasa terjadi. Saat itu, Ethereum tetap bertahan di level Rp33-39 jutaan. Kini, Ethereum sudah memuncaki harga tertingginya. Dan altcoin lain juga sudah menunjukkan pemulihan harga, sepertinya siap memuncaki harga tertingginya masing-masing” kata Oscar.

Oscar mengatakan, Ethereum tentu merupakan kripto yang bisa dimiliki oleh siapapun dengan membeli di Indodax. Ethereum juga bisa dibeli mulai dari Rp10 ribu di Indodax. Karena Ethereum sama halnya dengan Bitcoin, bisa ditransaksikan dengan pecahan desimal.

VIDEO: Review Poco X3 Pro, Performa Gila, Tapi...