Facebook Akan Gabungkan WhatsApp, Instagram, dan Messenger

26 January 2019 - by

Salah satu perusahaan teknologi dan sosial media terbersar di dunia Facebook, tengah melakukan pengembangan terhadap sistem aplikasinya. Facebook berupaya melakukan penggabungan sistem pada layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger agar ketiga aplikasi tersebut saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain.

Facebook memastkan ketiga aplikasi akan terus ada dan beroperasi sebagai aplikasi mandiri. Akan tetapi, di belakang itu semua, Facebook sedang membangun infrastruktur dasar di balik WhatsApp, Instagram, dan Messenger, agar bisa saling terhubung.

Menurut laporan The New York Times, setelah mendapatkan bocoran dari sejumlah sumber yang terlibat dalam proyek ini, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu menjanjikan semua aplikasi akan menyediakan fitur pesan enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanan. 

Dengan cara ini, maka pengguna Messenger bisa langsung berkirim pesan dengan pengguna WhatsApp. Cara ini menerobos batas layanan aplikasi pesan yang selama ini tidak bisa dilakukan oleh lintas platform.

"Kami ingin memberi pengalaman pengiriman pesan terbaik yang diharapkan; dan orang-orang ingin pengiriman pesan cepat, sederhana, andal dan privat," kata Facebook dalam sebuah pernyataan, Sabtu (26/1).

"Kami sedang berupaya membuat lebih banyak produk perpesanan kami terenkripsi end-to-end dan mempertimbangkan cara-cara untuk membuatnya lebih mudah menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan."

Sejumlah sumber The New York Times mengatakan, pekerjaan untuk mengintegrasikan ketiga aplikasi sudah dimulai dari sekarang. Pengembangan ditargetkan akan rampung pada akhir 2019 atau awal 2020.

Facebook sebenarnya sudah memulai integrasi aplikasi yang mereka garap. Sebagai contoh, jika seorang pengguna Instagram mengunggah konten gambar di fitur Stories, maka ada pilihan agar konten itu bisa dibagikan pula ke Facebook Stories.