Facebook-Google Bersama Telkom Indonesia dan XL Axiata Bentangkan Kabel Internet di Laut Jawa

30 March 2021 - by

(Foto: Telkom Indonesia)

Uzone.id - Facebook mengatakan pada Senin (29/3/2021) bahwa pihaknya punya rencana membentangkan dua kabel bawah laut baru untuk menghubungkan Singapura, Indonesia dan Amerika Utara dalam sebuah proyek dengan Google dan perusahaan telekomunikasi di Indoensia untuk meningkatkan kapasitas koneksi internet antar kawasan.

Advertising
Advertising

Wakil Jaringan Investasi Facebook, Kevin Salvadori, mengatakan kepada Reuters bahwa dua kabel bawah laut itu dinamakan Echo dan Bifrost, yang pertama kalinya melalui rute baru melintasi Laut Jawa. Itu akan meningkatkan kapasitas bawah laut secara keseluruhan di Trans Fasifik sekitar 70 persen.

Namun, Salvadori menolak untuk merinci besarnya investasi untuk dua kabel bawah laut itu. Menurutnya, itu adalah "investasi yang sangat material bagi kami di Asia Tenggara."

BACA JUGA: ITS Berhasil Bikin CoFilm+, Cat Pelapis dan Stiker Antivirus

Kabel tersebut, kata Salvadori, akan menjadi yang pertama secara langsung menghubungkan Amerika Utara ke beberapa wilayah utama Indonesia, dan akan meningkatkan konektivitas untuk provinsi tengah dan timur dari negara terpadat keempat di dunia ini.

Kevin mengatakan, Echo sedang dibangun atas kerjasama dengan Alphabet Google dan XL Axiata. Ditargetkan selesai pada tahun 2023

Bifrost bekerja sama dengan Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia dan konglomerat Singapura Keppel, akan selesai pada tahun 2024.

Sementara itu, 73 persen dari 270 juta penduduk Indonesia sudah terkoneksi Internet. Mayoritas mengakses web lewat data seluler dengan kurang dari 10 persen menggunakan koneksi broadband, menurut survei tahun 2020 yang dilakukan Asosiasi Penyedia Internet Indoensia.

Facebook mengatakan pada tahun 2020 bahwa pihaknya akan membentangkan 3.000 km fiber optic di Indonesia di 20 kota selain kesepakatan sebelumnya untuk mengembangkan hotspot Wi-Fi untuk publik.

VIDEO TWS Terbaik di Pasar, Dengan Harga 1.199 Rupiah Sudah Dapat Fitur ANC