Fitur WhatsApp yang Paling Ditunggu Pengguna Segera Tiba!

13 July 2021 - by

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Unsplash)

Uzone.id - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan lintas platform terbaik di pasar. Ini mendukung iPhone, Android, desktop, dan dilengkapi dengan enkripsi end-to-end bawaan seperti iMessage dan Signal.

Seperti diketahui, bahwa WhatsApp mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan fitur yang paling diinginkan pengguna, yakni dukungan multi-perangkat.

Advertising
Advertising

Nah, temuan baru sekarang menunjukkan bahwa dukungan multi-perangkat WhatsApp akhirnya akan segera tersedia untuk pengguna.

Baca juga: 3 Fitur Seru WhatsApp

Fungsionalitas multi-perangkat adalah fitur dasar untuk sebagian besar aplikasi obrolan. iMessage, salah satunya. Aplikasi itu berfungsi di perangkat iOS, macOS, dan watchOS.

Cukup masuk ke ID Apple yang benar di perangkat baru, dan pengguna dapat melanjutkan obrolan dari tempat terakhir tinggalkan di perangkat sebelumnya.

iMessage memang di ekosistem yang sama, lintas platform mungkin bisa dilihat di Line atau dahulu BlackBerry Messenger, tinggal masuk ke ID pengguna, perangkat apapun akan terhubung satu sama lain.

WhatsApp memang memiliki fungsi desktop. Tapi itu dengan plot twist. Sebab, agar WhatsApp Desktop berfungsi, versi aplikasinya harus memiliki koneksi aktif.

Juga, pengguna tidak dapat menggunakan WhatsApp di iPad, yang membuat sakit kepala  bagi beberapa pengguna.

Baca juga: Lebih Panjang, Durasi TikTok Jadi 3 Menit

Dengan dukungan multi-perangkat, WhatsApp akan memungkinkan aplikasi untuk bekerja pada beberapa perangkat secara bersamaan, terlepas dari apakah ponsel memiliki koneksi internet aktif.

Dengan mengaktifkan multi-perangkat, pengguna dapat menggunakan aplikasi desktop kapan saja, bahkan tanpa ponsel berada di dekat kalian.

Eksekutif top Facebook, termasuk Mark Zuckerberg, mengkonfirmasi kepada WABetaInfo seperti dikutip Uzone.id, Selasa (13/7), beberapa minggu lalu bahwa Facebook sedang mengerjakan dukungan multi-perangkat untuk WhatsApp.

“Ini merupakan tantangan teknis yang besar untuk menyinkronkan semua pesan dan konten Anda dengan benar di seluruh perangkat bahkan ketika baterai ponsel Anda mati, tetapi kami telah memecahkannya, dan kami berharap untuk segera mengeluarkannya!” ujar Zuckerberg mengatakan pada saat itu.

“[Ini akan] masih dienkripsi end-to-end. Saya pikir kami telah menyelesaikan ini dengan cara yang elegan, dan itu akan menjadi solusi terbaik di luar sana,” tambahnya.

Multi-perangkat WhatsApp pada awalnya akan memiliki beberapa batasan. Pengguna hanya akan menautkan empat perangkat, dan hanya satu di antaranya yang dapat melakukan panggilan telepon.

Untuk memanfaatkannya akan terus menggunakan kode QR untuk masuk ke perangkat non-ponsel. Jadi pengalaman login akan serupa seperti versi web.