FOTO: Samsung Galaxy S23 Ultra Mirip S22 Ultra, Yakin Mau Upgrade?

19 December 2022 - by

Uzone.id - Samsung Galaxy S23 Series diharapkan meluncur resmi pada Februari tahun depan, sesuai dengan kebiasaan Samsung yang kerap merilis Galaxy S Series di tiap bulan Februari setiap tahunnya. Ada tiga model yang diperkenalkan, yakni Samsung Galaxy S23, S23+ dan S23 Ultra sebagai varian dengan spesifikasi tertinggi.

Terhitung dua bulan lebih ketiganya melenggang resmi, beredar foto-foto yang memperlihatkan unit dummy dari Samsung Galaxy S23 Series. Dari foto ketiganya, terlihat kalau Galaxy S23 dan S23+ punya bahasa desain yang berbeda, tapi untuk Samsung Galaxy S23 Ultra, justru masih sama seperti pendahulunya.

Advertising
Advertising

Samsung Galaxy S23 Ultra mengusung desain yang nyaris tak ada beda dengan S22 Ultra. Bodinya masih bulky, frame kamera yang menyatu dengan bodi, serta S Pen yang terintegrasi di bagian bawah bodinya. Mungkin kalau keduanya disandingkan, bakal cukup sulit membedakan mana seri yang baru dan mana model keluaran lama.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S23 Ultra Dibocorin China

Pembeda paling signifikan di antara keduanya pastinya bagian spesifikasi. Dari bocoran yang beredar sebelumnya, smartphone flagship dengan nomor model SM-G9180 itu mengusung layar berukuran 6,8 inci dengan resolusi QHD+.

Panel OLED-nya jauh lebih mutakhir ketimbang Galaxy S22 Ultra, dan tentunya membawa fitur refresh rate adaptif seperti generasi sebelumnya.

Lantaran ukuran layarnya yang jumbo, maka bodi smartphone ini pun tergolong bongsor. Bobotnya saja mencapai 233 gram dengan ketebalan 8,9mm.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang sudah ditingkatkan kecepatannya bakal disematkan pada smartphone ini. Ya, Samsung dan Qualcomm telah menjalin kerja sama, dimana Samsung secara eksklusif menggunakan versi khusus dari Snapdragon 8 Gen 2 yang sudah di-overclock dengan nomor model SM8550-AC.

SoC (system on chip) itu dipadukan dengan RAM 8 GB atau 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB, 512 GB atau 1 TB. Adapun untuk baterai, kapasitasnya 5.000 mAh dengan teknologi fast charging yang belum diketahui output dayanya.

Di sektor kamera, Samsung Galaxy S23 Ultra menggunakan kamera 200 MP dengan sensor kamera yang lebih baru dan berbeda. Dikombinasikan dengan kamera ultrawide 12 MP, kamera telephoto 10 MP dengan 3x optical-zoom dan kamera periskop 10 MP yang punya kemampuan 10x optical-zoom.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Series Pakai Snapdragon 8 Gen 2 yang Di-overclock

Desain Samsung Galaxy S23 dan S23+ berbeda

Beda dengan varian Ultra yang seperti tidak ada upgrade signifikan pada bagian desain, dua model di bawahnya justru dirancang dengan desain yang berbeda, terutama pada bagian bingkai kameranya.

Tak ada lagi frame kamera yang menonjol seperti sebelumnya. Kini, lingkaran kamera seperti menyatu dengan bodi smartphone, sehingga memberikan kesan yang seamless dan premium.

Keduanya pun tak diberikan slot S Pen, seperti versi Ultra. Kelebihan dari keduanya terletak pada form factor yang lebih ringkas dan nyaman untuk dibawa kemana-mana.