Gema Jamnas 2016 Sampai ke Manca Negara

18 August 2016 - by

Pramuka asal Indonesia berfoto bersama para Pramuka asal Thailand di acara pembukaan Jamnas 2016, Minggu 14 Agustus 2016. (uzone.id/Dedy Maryanto)

Gema Jambore Nasional X 2016 ternyata tidak hanya terdengar di seantero Nusantara saja, tetapi juga didengar oleh Pramuka dari manca negara.

Selain para kontingen yang memang sengaja diundang oleh pihak penyelenggara, ternyata ada juga warga negara asing yang datang atas kemauan mereka sendiri karena merasa tertarik, atau penasaran dengan hajatan akbar Pramuka Indonesia kali ini.

Fabio Ursella, pria berpaspor Prancis yang bekerja dan bermukim di Negeri Jiran ini adalah salah satu warga negara asing yang tertarik untuk menyambangi langsung Jamnas X 2016 di Buperta Cibubur.

Ia mendengar kabar Jamnas 2016 ini dari rekannya yang sesama Scout (sebutan untuk anggota Pramuka di luar negeri). Berbekal kabar tersebut ia lalu mencari sendiri informasi tentang gelaran Jamnas 2016.

Fabio merasa tertarik karena dari informasi yang didapatnya, ini adalah acara Jambore yang dihadiri oleh puluhan ribu Pramuka dari dalam dan luar negeri.

Selain rasa penasaran, agaknya jiwa kepanduan dalam dirinya lah yang mendorong ia segera membeli tiket pesawat dari Kuala Lumpur menuju Jakarta untuk bisa berada di arena Jamnas X 2016.

Fabio mengaku saat ini dirinya masih tercatat sebagai seorang anggota aktif Eclaireuses et Eclaireurs de France (EEdF). EEdf sendiri adalah organisasi yang berada di bawah induk organisasi kepanduan resmi negara Prancis Scoutisme Français.

Sesampainya di Jakarta ia lalu segera menuju ke Buperta Cibubur dan mengurus segala keperluan agar bisa mendapatkan ijin sebagai Pengunjung Harian dan masuk ke dalam Bumi Perkemahan Cibubur.

“Acara ini ramai sekali, Pramuka Indonesia sangatlah ramah dan seru,” komentarnya dalam bahasa Inggris saat ditanya uzone.id tentang kesannya berada di area Jamnas. “Saya tidak sabar untuk segera menjelajah dan melihat keseruan yang ada di dalam sini.”

Selebriti Dadakan

Fabio, seorang anggota aktif Eclaireuses et Eclaireurs de France (EEdF) sedang melayani permintaan foto bersama dari para Pramuka peserta Jamnas 2016. (uzone.id/Dedy Maryanto)

Sosok Fabio yang bule membuat dirinya menjadi magnet bagi adik-adik para peserta Jamnas untuk melakukan foto bersama. “Saya kaget, karena begitu sampai di sini ada saja yang meminta saya untuk berfoto bersama mereka,” tuturnya sambil tertawa.

Hal yang sama juga terjadi kepada para peserta undangan Jamnas dari negara-negara asing, seperti kontingen Malaysia, Pakistan dan Thailand. Dalam setiap kesempatan, mereka selalu diajak berfoto bersama oleh para prajurit Pramuka peserta Jamnas asal Indonesia.

Begitu juga terhadap Simon, seorang Pramuka senior asal Belanda yang hadir di Cibubur sebagai salah satu peserta undangan Jamnas dari luar negeri. Ia menuturkan bahwa ini adalah kali ke empat dirinya datang ke Indonesia, dan baru kali ini dia merasa diperlakukan bak seorang selebriti.

“Saya bisa bilang ribuan, ya ribuan bukan cuma puluhan kali saya diajak berfoto bersama selama mengikuti acara ini” ucapnya dalam bahasa Inggris yang terbata-bata sambil tertawa lebar.

Simon, Pramuka asal Belanda sedang melayani permintaan berfoto bersama dari Pramuka asal Indonesia. (uzone.id/Dedy Maryanto)