Gencar Cetak Digital Talent, Tokopedia Kembali Gelar START Summit

15 July 2022 - by

Uzone.id – Tokopedia kembali menghadirkan konferensi teknologi tahunan START Summit pada Sabtu, 16 Juli 2022 pukul 09.00-16.15 WIB. Tujuan utama dari program tahunan ini untuk menyebarkan insight mendalam tentang teknologi, mulai dari solusi hingga diskusi segar seputar pengembangannya.

“Tahun ini kami memakai tema ‘Driving Innovation at Scale’, keyword yang menurut saya penting sekali karena pertumbuhan teknologi yang sangat pesat ini perlu diimbangi dengan jumlah talentnya. Mengisi gap 9 juta digital talent yang masih kurang di Indonesia, setidaknya insight dari START Summit ini dapat memantik terciptanya solusi-solusi baru,” ungkap Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison dalam jumpa pers virtual, Jumat (15/7).

Advertising
Advertising

Tokopedia menghadirkan puluhan pembicara ahli –termasuk Leontinus sendiri– seperti CTO Tokopedia Herman Widjaja, COO Tokopedia Melissa Siska Juminto, dan lain-lain sesuai dengan perannya di core engineering, data, infrastruktur, hingga security dan data protection.

Baca juga: Biar Sukses di Tempat Kerja, Nih Tips Bekerja di Industri Teknologi

“Lewat Tokopedia Academy, dalam hal ini START Summit, seluruh pegiat teknologi di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, kolaborasi, dan mendapatkan kurikulum relevan terkait teknologi first-hand dari para ahli di bidangnya,” tambah Software Engineer Lead Tokopedia, Tika Widiati pada kesempatan yang sama.

Diketahui, acara ini gratis dan bisa disaksikan secara online melalui kanal video streaming Tokopedia Play, kanal YouTube Tokopedia dan Inside Tokopedia, serta situs Tokopedia Academy.

Bagi kalian yang berminat, bisa melakukan registrasi secara langsung melalui situs Tokopedia Academy.

Seperti yang sudah dijelaskan Leontinus, START Summit bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas digital talent Indonesia serta memajukan industri teknologi nasional agar semakin mampu bersaing di kancah global.

Baca juga: Ada Tokopedia Card, Permudah Belanja di Marketplace

Upaya ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital dan mencapai target 113 juta talenta digital pada tahun 2030 mendatang.

START Summit merupakan salah satu inisiatif di bawah naungan Tokopedia Academy; wadah untuk mengasah kemampuan talenta digital Indonesia, sekaligus upaya Tokopedia mewujudkan pemerataan pengetahuan lewat teknologi.

Tokopedia Academy telah menyelenggarakan sederet program lainnya, seperti konferensi teknologi untuk digital talent perempuan START Women in Tech, berbagi pengetahuan seputar pengalaman pengguna lewat START CX First Summit, kerja sama dengan universitas untuk pembuatan pusat AI, modul perkuliahan hingga Tokopedia Goes to Campus dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia Academy juga bersinergi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI, mengadakan Tokopedia NextGen., hingga program Magang Bersertifikat dan Hackathon DevCamp berkolaborasi dengan Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek RI.