GIIAS 2022: Daihatsu Ayla EV Pakai Motor Listrik 60 kW dan Baterai 32 kWh

16 August 2022 - by

Uzone.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama Daihatsu Motor Company, Japan (DMC) berkomitmen untuk turut aktif dalam upaya pengembangan kendaraan listrik yang diwujudkan dengan menampilkan mobil konsep konversi Ayla BEV (Battery Electric Vehicle) di booth Daihatsu di GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), ICE BSD City pada 11–21 Agustus 2022.

Advertising
Advertising

Dalam hal desain, Ayla BEV memiliki karakter desain unik yang bisa dilihat dari parametric pattern pada bagian bumper depan, warna satine silver pada warna bodi mobil, ditambah dengan aksen electric yellow yang menjadi representasi dari kendaraan listrik.

Pada sisi roda, Ayla BEV menyematkan velg alloy 17. Kemudian, di sisi interior terdapat Panel Speedometer TFT 7 inci, desain kursi baru, kaca spion yang menggunakan layar digital pada sisi kanan-kiri dashboard untuk sebagai penerapan teknologi terkini, serta mendukung aerodinamis pada kendaraan.

BACA JUGA: GIIAS 2022: 2.000 Hyundai Stargazer Sudah Dipesan, Ini Tipe Terlaris

Daihatsu Ayla EV / © Tomi Tresnady - Uzone.id Daihatsu Ayla EV tampil di GIIAS 2022 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Pada spesifikasi teknis, mobil konsep Ayla BEV ini juga menggunakan Electric Motor berdaya 60 kW, serta Lithium-ion Battery 32kWh.

Secara struktur pada mobil, Ayla BEV dikembangkan oleh para engineer lokal dengan melakukan pengembangan pada bagian dan part tertentu seperti drivetrain, battery, under body, dan suspension.

Daihatsu memilih pengembangan kendaraan listrik menggunakan Daihatsu Ayla sebagai basisnya karena merupakan mobil LCGC pertama yang didesain oleh engineer lokal, dan dibuat di Indonesia.

Produksi Ayla melibatkan lebih dari 1.000 supplier lokal, serta mencapai kandungan lokal hingga 80 persen.

BACA JUGA: Mengenal Fitur Baru AYC di Mitsubishi Xpander Cross Facelift

Daihatsu Ayla EV / © Tomi Tresnady - Uzone.id Daihatsu Ayla EV tampil di GIIAS 2022 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Sebagaimana diketahui, Daihatsu Ayla sebagai kendaraan LCGC di Indonesia, terus mendapat sambutan positif dari para pelanggan, dan telah terjual lebih dari 255 ribu unit hingga Juli 2022 sejak perdana diluncurkan pada 2013 lalu.

“Daihatsu berkomitmen dalam mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dengan mengirim lebih dari 250 engineer lokal ke Jepang untuk melakukan transfer teknologi dalam menyediakan kendaraan yang paling sesuai untuk pelanggan Indonesia. ‘Dari Indonesia, Untuk Indonesia’ adalah visi utama kami. Daihatsu juga memulai pengembangan Baterai EV di pusat R&D sebagai wujud usaha kami menuju era elektrifikasi,” ujar Yasushi Kyoda, President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menyampaikan kepada Uzone.id melalui email.