Berambisi Libas iPhone, Google Bajak Arsitek Cip Apple

pada 7 tahun lalu - by

Google merekrut seorang arsitek cip dari Apple, Manu Gulati. Rekrutmen ini sepertinya menandai keseriusan Google untuk menciptakan prosesornya sendiri.

Manu Gulati telah bekerja selama delapan tahun selama di Apple. Ia berperan sebagai Micro-Talent. Kepindahannya ini terekam dalam laman LinkedIn Gulati. Di laman itu tertulis, ia mulai bekerja sejak Mei kemarin sebagai LeadSoC(system of chip) Architect untuk Google.

Sebelumnya, Google tak pernah memproduksi prosesor sendiri di perangkat yang mereka buat. Google kerap menggunakan prosesor pihak ketiga.

Contohnya Pixel, cip ponsel paling anyar dari Google ini menggunakan Snapdragon 821 yang diproduksi oleh Qualcomm.

"Tantangan komputasi kita sangat besar, rumit, dan unik, kita tidak bisa hanya membeli perangkat keras dari pasar, kita harus membuatnya sendiri," tulis Google dalam pengantar laman lowongan kerja yang mereka buat.

Manuver Google merekrut Gulati dan memburu arsitek cip lain tak lain langkah lanjutan mereka untuk mengalahkan iPhone. Seperti diketahui, Pixel yang Google rilis tahun lalu ditujukan untuk bersaing secara langsung dengan iPhone.

Namun, keunggulan Apple bukan hanya padasoftwareatauhardwaresaja. Melainkan kombinasi keduanya plus layanan pelanggan. Ketiga hal ini yang menjadi kekuatan Apple untuk memuaskan penggunanya.

Samsung juga mulai mengikuti langkah Apple dengan merancang sendiri prosesor Exynos yang digunakan untuk beberapa perangkat seri Galaxynya.

Saat ini, performa dan efisiensi prosesor seri A buatan Apple khusus untuk iPhonenya itu disebut masih yang terbaik. Klaim itu terlihat dari skorbenchmarksingle core A10 iPhone 7 yang melampaui Intel Xeon di Mac Pro 2013.

Lagipula, meski populer dan banyak digunakan, Snapdragon kerap bermasalah dengan isu prosesor yang cepat panas. Alasan sama yang membuat Samsung beralih sepenuhnya ke cip Exynos buatan mereka sendiri di samsung Galaxy S6, demikian The Verge.

Keseriusan Google untuk membangun cip sendiri juga tampak dari usaha mereka memburu orang-orang untuk posisi di sektor SoC (System on Chip). Laman Google Careers menunjukkan mereka sedang mencari teknisi perangkat keras untuk posisi Mobile SoC Architect dan Mobile SoC CPU Architect. Hal ini seperti dilaporkanVariety.

Berita Terkait