IMA 2021, Apresiasi Langit Musik untuk Musisi Indonesia

16 November 2021 - by

Uzone.id - Melon Indonesia bersama RCTI akan menggelar ajang bergengsi, yang merupakan apresiasi bagi musisi dan para penikmat musik di Indonesia, dalam gelaran Indonesian Music Awards (IMA) 2021.

Acara penghargaan yang digelar pertama kalinya ini merupakan hasil kerjasama Melon Indonesia melalui produk layanan musik streaming Langit Musik.

Malam Puncak IMA 2021 akan digelar pada tanggal 6 Desember 2021 dan disiarkan secara langsung dari salah satu studio tercanggih di Indonesia yakni studio RCTI+, Jakarta.

Advertising
Advertising

“Kami rasa hadirnya Indonesian Music Awards 2021 ini tepat diadakan di penghujung tahun 2021 ini. Pagelaran ini adalah bentuk apresiasi kami PT. Melon Indonesia melalui unit bisnis Musik Digital yaitu Langit Musik dan juga melibatkan Nada Sambung Pribadi (NSP1212), kepada rekan musisi serta penikmat musik itu sendiri.,” ujar Dedi Suherman selaku CEO PT. Melon Indonesia, melalui keterangan resminya.

Baca juga: Keuntungan Musisi Pakai Platform Digital

“Dan saat ini kami PT. Melon Indonesia sebagai subsidiary Telkom group yang bergerak di bidang digital content company sudah 11 tahun berkiprah, musik adalah salah satu core business dari apa yang kami lakukan melalui layanan produk musik digital Langit Musik dan juga Nada Sambung Pribadi kerjasama antara Melon Indonesia dan Telkomsel,” tambahnya.

Langit Musik, satu-satunya digital music streaming lokal terus menunjukan komitmen untuk terus memajukan musik Indonesia dengan beragam cara terutama melalui aplikasi pengguna iOS dan Android.

Langit Musik yang terus berkembang hingga akhirnya penghujung tahun 2021 adalah waktu yang tepat bersama RCTI untuk menyelenggarakan Indonesian Music Awards 2021 ini. 

“RCTI selalu berkomitmen mendukung program – program penghargaan atau apresiasi bagi para pelaku bisnis serta industri apa pun di Indonesia, termasuk industri musik Tanah Air.

Baca juga: Penonton Konser Virtual di Indonesia Belum Bergairah?

Karenanya, sekarang ini Kami berkolaborasi dengan Langit Musik untuk menggelar ajang penghargaan bagi musisi Indonesia yakni Indonesian Music Awards yang untuk pertama kalinya diadakan,” tambah Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

Kategori & Nominasi

Indonesian Music Awards 2021 menghadirkan 12 nominasi di mana masing-masing terdapat 5 nominasi. Para nominee sebelumnya telah melalui proses seleksi berdasarkan dari data stream Langit Musik dalam kurun waktu 2020 - 2021.

Berlanjut ke proses seleksi menjadi 10 nama berdasarkan kategori yang telah ditentukan kemudian dikerucutkan menjadi 5 sebagai nominee. Pertimbangan serta pembobotan tersebut dirangkum berdasarkan dengan metode : 

1. Qualitative Reasoning and Adjustment

Data dari streaming di Langit Musik dipastikan relevan dengan tren, serta merupakan gambaran besar sirkulasi lagu dalam platform Langit Musik pada periode Oktober 2020 - Oktober 2021. 

2. Validasi dan verifikasi bersama perwakilan AMDI dan pengamat musik 

Proses ini dilakukan untuk verifikasi serta memvalidasi bahwa data streaming serta Qualitative Reasoning and Adjustment dari pihak Langit Musik, sesuai dengan tren musik dalam kurun waktu yang ditentukan serta relevan dengan radio airplay yang juga menjadi acuan persebaran musik lokal ataupun internasional.  

“Nominasi pada Indonesian Music Awards 2021 ini cukup relevan dengan tren musik dalam kurun waktu tahun 2020 dan 2021, terlihat dari deretan nominator yang lagu-lagunya beriringan diputar juga di radio seluruh Indonesia dengan segmennya masing-masing,” ujar Prita Prawirohardjo, Head of AMDI (Asosiasi Music Director Indonesia).

Setiap lagu serta musisi yang masuk ke dalam nominasi masing-masing memiliki peluang untuk menjadi pemenang dengan tambahan poin dari voting yang akan dilakukan via Langit Musik microsite, media sosial, serta aplikasi RCTI+ dalam periode 12 November – 29 November 2021 (pukul 00:00 WIB).

Data yang keluar dari hasil voting akan diaudit oleh auditor independen, sehingga nama pemenang yang keluar dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya dan akan diumumkan di malam puncak IMA 2021.