Indonesia Juara Dunia Paling Lama Gunakan Ponsel, Berapa Jam?

26 January 2023 - by

Uzone.id – Smartphone sudah jadi barang wajib yang harus dibawa kemana-mana dan digunakan di semua aktivitas sehari-hari. 

Kalau dulu smartphone hanya dilihat sebagai alat pendukung saja, kali ini smartphone sudah jadi ‘teman’ sehari-hari yang tidak bisa ditinggal begitu saja.

Main game, belajar, olahraga, nonton, scrolling media sosial, semuanya bisa dilakukan di benda kecil tersebut. Tak heran kalau setiap harinya, warga dunia menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar smartphone.

Advertising
Advertising

Dari data App Annie atau data.ai tahun 2022 lalu, pengguna smartphone di 10 pasar menghabiskan rata-rata 5 jam 2 menit setiap harinya untuk bermain smartphone. Naik sekitar 9 persen dibanding tahun 2020 yang kala itu sedang di awal-awal era pandemi.

Baca juga: 5 Cara Ngecas Smartphone yang Benar Biar Baterai Awet

Dari berbagai negara di dunia, warga Indonesia menjadi negara dengan waktu paling lama bermain smartphone setiap harinya, mengalahkan Brasil, Arab Saudi hingga Singapura.

Warga Indonesia menghabiskan rata-rata waktu sekitar 5 jam 7 menit per hari untuk bermain smartphone, naik dari tahun lalu yang berada di angka 5 jam 4 menit.

Selanjutnya, ada Brasil yang justru turun dari tahun sebelumnya dengan waktu 5 jam 3 menit per use-rnya di 2022. Sedangkan di tahun 2021 lalu, warga Brasil rata-rata menghabiskan waktu 5 jam 4 menit untuk bermain smartphone per harinya.

Lanjut ke posisi ketiga, ada Arab Saudi dengan rata-rata menghabiskan 5 jam 3 menit per hari di tahun 2022. Melesat naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya menghabiskan rata-rata 4 jam 4 menit per hari.

Baca juga: 10 Tipe Pemain PUBG Mobile, Mana Paling Nyebelin?

Selanjutnya, di posisi keempat ada Singapura dengan rata-rata waktu 5 jam 3 menit, Korea Selatan dengan waktu 5 jam per hari, Meksiko, India dan Australia dengan waktu 4 jam 9 menit.

Jepang dengan waktu rata-rata 4 jam 8 menit, Thailand dengan waktu 4 jam 7 menit, Kanada dengan waktu 4 jam 6 menit, AS dengan waktu 4 jam 4 menit, dan lainnya.

Per November 2022 kemarin, pengguna smartphone di Indonesia mencapai 167 juta orang dengan persentase 89 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Selain itu, warga Indonesia juga hobi bermain media sosial dan belajar secara online, tak heran kalau warganya banyak menghabiskan waktu menatap layar smartphone.