Ini 4 Hal yang Diharapkan Muncul di iPhone 12

21 January 2020 - by

(Ilustrasi. Foto: Angela Lang/CNET)

Uzone.id -- Baru juga empat bulan lalu Apple meluncurkan seri iPhone 11, tapi hari gini sudah bermunculan prediksi dan spekulasi terkait penerusnya, yakni iPhone 12.

Nama produknya saja belum bisa dipastikan apakah memang benar-benar akan iPhone 12, atau bakal ada embel-embel dulu seperti iPhone 11s atau lainnya. Tapi namanya juga rumor, datangnya bisa tiba-tiba dan dari mana saja.

Advertising
Advertising

Satu hal yang kompak dipercaya oleh kebanyakan orang adalah, Apple meluncurkan penerus iPhone 11 pada September, bulan yang selalu dipilih perusahaan pimpinan Tim Cook itu untuk menggelar hajat besarnya.

Lantas, apa saja 4 hal yang belakangan dinantikan dari seri iPhone 12?

1. Ukuran layar yang bisa lebih besar ataupun lebih kecil

Banyak yang meyakini kalau Apple bisa saja memperkenalkan ukuran layar baru.

Mengutip Cnet, salah satu ukuran layar iPhone 12 diharapkan mengusung layar 5,4 inci, sementara iPhone 12 Pro Max (atau versi paling besarnya) bisa saja dibekali layar 6,7 inci.

Baca juga: Presiden Dilawan, Apple Bikin Donald Trump Geram

Tak cuma itu, ada juga spekulasi yang menyebut seri iPhone 12 akan memiliki refresh rate layar mencapai 120Hz. Semakin tinggi refresh rate, ponsel akan terasa semakin cepat dan lebih mulus ketika pengguna scrolling layar.

2. Punya 3D depth sensing di kamera belakang

Sejak kehadiran iPhone X, produk iPhone terbaru dilengkapi oleh kamera depan yang memiliki kemampuan 3D depth sensing. Lebih akrab dengan nama Face ID, fitur ini bisa memindai wajah kita untuk membuka kunci ponsel, hingga mengotorisasi pembayaran digital.

Nah, di iPhone 12, Apple dipercaya bakal membekali kamera belakang dengan 3D depth sensing ini. 

Analis senior Apple Ming Chi Kuo pernah mengatakan, ada dua iPhone yang dirilis pada 2020 memiliki lensa ToF (time-of-flight) baru di bagian belakang ponsel. Pengaturannya akan sama seperti sistem kamera True Depth yang digunakan untuk Face ID di kamera depan.

Bedanya, teknologi tersebut akan memungkinkan iPhone melakukan pemetaan objek secara 3D dari jarak yang cukup jauh.

3. Ada 5 iPhone baru di 2020

Membayangkannya saja sudah pusing duluan, gimana ngapalinnya nanti kalau seri iPhone sampai 5 macam? Nyatanya rumor ini sudah berseliweran.

Berdasarkan analis Samik Chatterjee dari JPMorgan, Apple kemungkinan merilis 4 iPhone 12 baru dengan rentang ukuran layar dari 5,4 inci, dua ponsel dengan layar 6,1 inci, dan satunya 6,7 inci. Semuanya menggunakan panel OLED.

Baca juga: iPhone 12 Punya 4 Varian Berbeda?

Untuk iPhone ke-lima, tampaknya akan menjadi sekuel dari iPhone SE, atau iPhone dengan harga yang lebih murah dari seri terbaru.

4. iPhone 5G?

Apple salah satu brand yang masih santai terhadap kemampuan 5G, gak buru-buru seperti perusahaan lain. 

Kendati begitu, Apple dianggap siap meluncurkan seri iPhone yang mendukung jaringan 5G. Dari sini, ada hal menarik lainnya yang disorot, yakni penggunaan prosesornya. Apakah akan menggunakan chipset dari Qualcomm, bekerja sama dengan Intel, atau lainnya.