Ini Keunggulan IDN Programmatic OOH

30 October 2020 - by

 

Ilustrasi (Foto: IDN)

Uzone.id - Programmatic out-of-home advertising atau layanan iklan luar ruang berbasis digital adalah salah satu jenis metode periklanan luar ruang yang sedang  berkembang pesat. Tak hanya dalam bentuk billboard, layanan iklan luar ruang ini juga bisa diinstalasikan pada kendaraan (vehicle advertising) atau diletakkan pada sebuah toko ritel (retail advertising).

Advertising
Advertising

Didukung perkembangan teknologi, vehicle dan retail advertising mulai marak dan menciptakan peluang baru di dunia periklanan luar ruang.

Melihat hal tersebut, IDN Media berinisiatif mengenalkan salah satu produk terbarunya, yaitu IDN Programmatic Out-of-Home (IDN Programmatic OOH) pada 24 Juni 2020 lalu.

Lantas apa saja yang menjadi keunggulan IDN Programmatic OOH dan yang membedakannya dengan iklan luar ruang lainnya?

1. Dua fase pengembangan IDN Programmatic OOH

Layanan iklan luar ruang adalah sebuah platform iklan yang terkoneksi dengan GPS dan internet, sehingga dapat menampilkan iklan secara real-time dan terukur. IDN

Programmatic OOH sendiri, misalnya, berencana untuk fokus pada dua fase pengembangan. William Utomo, Founder dan COO IDN Media, menjelaskan, “Di fase pertama, IDN Programmatic OOH akan mengembangkan layanan iklan luar ruang dengan format layar LED dua sisi yang terkoneksi dengan internet dan terpasang di bagian atas mobil taksi online.”

Selain dipasang di atas mobil taksi online, pada fase keduanya, IDN Programmatic OOH juga akan menyediakan out-of-home advertising di toko-toko ritel. Dengan meletakkan layar LED di area sekitar kasir, pembeli akan merasa tergerak untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang diiklankan, atau bahkan langsung membelinya. “Selain memberi awareness, retail advertising juga dinilai dapat meningkatkan penjualan,” lanjut William.

2. Teknologi pada IDN Programmatic OOH yang telah dipatenkan 

Tak bisa dipungkiri, layanan iklan luar ruang konvensional masih memiliki banyak kekurangan, seperti terbatasnya eksposur, tidak tersedianya laporan performa iklan, durasi pemasangan yang tidak fleksibel, lokasi pemasangan yang ilegal, hingga pengaturan konten yang tidak dapat diubah. Beberapa kekurangan dari iklan luar ruang konvensional itu juga lah yang berusaha dipecahkan oleh IDN Programmatic OOH

Dengan instalasi layar LED di atas mobil yang menghadap ke samping agar tak menyebabkan distraksi bagi para pengendara di belakangnya, ditambah dengan penggunaan teknologi terprogram yang telah dipatenkan, IDN Programmatic OOH juga menerapkan konsep personalized marketing.

“Dengan demikian, IDN Programmatic OOH ingin menjadi game changer di industri iklan out-of-home. Penyusunan strategi marketing juga harus disesuaikan karena tiap brand memiliki objektif yang berbeda,” William menambahkan.

3. Salah satu metode iklan yang layak dipertimbangkan

Layar LED yang dipasang di atas mobil dan ditempatkan di toko ritel merupakan inovasi terbaru dalam layanan iklan luar ruang. “Out-of home advertising, terutama vehicle dan retail advertising dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan bagi klien kita. IDN Programmatic OOH, misalnya, akan memungkinkan mereka, sebagai pengiklan, untuk mengubah konten iklan dan menyesuaikannya dengan area geografis, audiens, waktu, dan

cuaca,” ujar William.

Menyesuaikan konten iklan dengan keadaan sekitar dapat membuat iklan tersebut lebih tepat sasaran.

“Segmen ini membuat konten mereka lebih relevan dan memungkinkan pengiklan untuk berbicara kepada audiens mereka dengan cara yang lebih personal. Dengan efektivitas inilah, pengiklan dapat lebih menghemat anggaran untuk advertising,” kata William, seperti yang disampaikan kepada Uzone.id

 

VIDEO Dere R9 Pro Review, Harga Murah Tapi Beneran Pro?