Ini Sederet Keunggulan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

08 September 2016 - by

Apple akhirnya meluncurkan dua ponsel iPhone terbaru dengan seri 7. Masing-masing diberi nama iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kedua ponsel ini hadir dengan beberapa inovasi terbaru.

Untuk pertama kalinya, iPhone menghadirkan ponsel dengan kemampuan tahan air atau water resistant. Chief Executive Officer Apple, Tim Cook, mengatakan iPhone 7 ini dibekali dengan teknologi IP67 yang membuatnya tahan air dan juga debu, seperti dilansir Engadget.com, Kamis 8 September 2016.

Apple kemudian menghilangkan keberadaan port untuk jack headphone dari tubuh ponselnya sehingga lebih tipis. Jack headphone menghilang, dua pnsel ini diberi tambahan pengeras suara atau speaker stereo.

Untuk prosesornya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dibekali A10 Fushion dengan 4 core chip. Penggunaan prosesor jenis ini iPhone 7 membuat iPhone 7 bertahan dua jam lebih lama dari iPhone 6S. iPhone 7 Plus bisa bertahan satu jam lebih lama dari iPhone 6S.

Pada peluncurannya Apple mengklaim pemakaian prosesor A10 membuat performa iPhone naik 40 persen lebih cepat dari sebelumnya dan dua pertiga performa grafiknya lebih bertenaga dari A9.

"Ini chip paling bertenaga yang pernah ada pada ponsel pintar," ujar Tim Cook.

Untuk menangkap gambar iPhone melakukan meningkatkan kamera kedua ponsel. Keduanya dibekali kamera depan untuk Face Time HD dengan peningkatan resolusi dari 5 Megapiksel menjadi 7 Megapiksel.

iPhone menempatkan kamera utama belakang 12 Megapiksel dengan aperture f/1.8 bagi pecinta fotografi low-light atau rendah cahaya. Kedua kamera pada masing-masing ponsel dilengkapi dengan kemampuan optical image stabilization.

Apple juga menempatkan 4 warna baru pada lampu kilat LED, sensor flicker untuk menghindari cahaya kedip pada video dan RAW DNG. Apple juga mengklaim shutter lag turun menjadi 25 milidetik.

iPhone 7 Plus satu-satunya ponsel yang mendapatkan dua lensa kamera utama belakang, yang membuatnya berbeda dibandingkan iPhone 7.

Dua kamera belakang dengan kemampuan 12 Megapiksel ini bekerja dengan cara yang sama seperti yang dimiliki ponsel kompetitor. Dua lensa ini memiliki panjang fokus yang berbeda. Satu lensa berfungsi menangkap gambar dengan sudut yang lebar sedangkan kamera kedua berfungsi sebagai kamera tele dengan pengambilan gambar lebih tajam dan dalam.

Penempatan dua kamera membuat ukuran data foto menjadi lebih besar. Pengambilan satu kali foto akan memakan ruang penyimpanan hingga lebih dari 6 Megabita.

Sehingga untuk mengatasi kebutuhan ruang penyimpanan, iPhone tak lagi menyediakan ponsel dengan ruang penyimpanan internal 16 Gigabita. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hanya tersedia dengan pilihan penyimpanan 32 Gigabita, 128 Gigabita dan 256 Gigabita.

iPhone 7 memiliki layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 1.334 x 750 piksel. Sedangkan iPhone 7 Plus memilimi layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1.920x 1.080.

Karena menghilangkan keberadaan headphone jack, maka iPhone menyediakan adaptor dengan port berukuran 3,5 milimeter untuk Earpods. Adaptor tersebut menyambungkan Earpods dengan ponsel. Adaptor akan dimasukkan pada port pengisian baterai.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bisa dipesan mulai 9 September 2016 melalui sistem preorder. Sedangkan ponsel akan mulai dijual dipasar ponsel pada 16 September. iPhone 7 dijual dengan harga mulai dari US$ 649 atau sekitar Rp 8,7 juta untuk tipe penyimpanan 32 Gigabita. Sedangkan iPhone 7 Plus dijual dengan harga mulai dari US$ 769 atau sekitar Rp 10,4 juta.

ENGADGET | MAYA NAWANGWULAN

Berita Terkait: