Innova EV Sudah Bekeliaran di Jalan Raya, Pertanda Apa?

26 November 2022 - by

Uzone.id - Toyota Astra Motor sudah meluncurkan All New Kijang Innova Zenix yang menawarkan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan 2000 cc plus hybrid EV hingga peluncuran mobil ini pun bikin heboh.

Toyota kini bikin heboh lagi saat menguji coba Kijang Innova EV Concept yang sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Gambar kolase yang dibagikan oleh akun Instagram @indra.fathan memperlihatkan MPV listrik ini sedang menyusuri jalan tol.

Advertising
Advertising

BACA JUGA: Tak Cuma Sepak Bola, Jepang Kalahkan Jerman di Industri Otomotif

Prototipe Innova Hybrid tersebut menggunakan pelat nomor B 1225 SSJ dengan garis biru di bagian bawahnya, sebagai tanda mobil ini menggunakan tenaga listrik murni.

Belum ada informasi dari Toyota mengenai alasan uji coba prototipe Kijang Innova EV ini. Merek asal Jepang ini kemungkinan akan sering-sering melakukan tes di jalanan sebagai bahan riset untuk kemudian menghadirkan Kijang Innova Zenix EV di masa depan.

Toyota Kijang Innova EV / © Instagram @indra_fathan Toyota Kijang Innova EV Concept (Foto: Instagram @indra_fathan)

All New Kijang Innova Zenix Tinggalkan Ladder Frame

All New Kijang Innova Zenix yang diluncurkan di Indonesia untuk pasar global ini merupakan Kijang generasi ke-7. Jika sebelumnya menggunakan struktur ladder frame, maka untuk Zenix membawa platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque.

Platform TNGA: GA-C memungkingkan Toyota untuk menyematkan berbagai teknologi advance terbaru kepada All New Kijang Innova Zenix, seperti mesin 2.0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.

Selain itu, bisa menghadirkan performa berkendara dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Platform ini juga memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil, dalam rangka meningkatkan kestabilan dan kenyamanan saat bermobilitas.

BACA JUGA: Apa Kabar Yamaha NMax Hilang di Bengkel saat Servis?

MPV ini mendapat velg alloy 18", dan fitur yang paling mencolok adalah Panoramic Retractable Roof (Q & V HV), New Captain Seat with Ottoman (Q HV), New 10" Head Unit with Smartphone Connectivity (Q &

V HV), New 10” Dual Rear Seat Entertainment (Q & V), teknologi berbasis telematika T Intouch, hingga advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

All New Kijang Innova Zenix tersedia dalam tujuh varian yang dibagi menjadi 3 varian utama, yakni Q, V dan G. Pada grade Q 2.0 HV, kendaraan ini telah dilengkapi dengan TSS 3.0 dan tersedia pilihan Modellista sebagai styling package tambahan.

Di varian V, terdapat dua pilihan engine yaitu Gasoline dan Hybrid EV, di mana untuk grade 2.0 V HV tersedia opsi Modellista.

Di grade G, juga tersedia dua (2) pilihan engine, termasuk Hybrid EV. Hal ini menjadikan All New Kijang Innova Zenix sebagai model Toyota pertama yang menjadikan Hybrid EV sebagai opsi di setiap varian.