Internet Kencang Gak Cuma di Pulau Jawa Doang

14 February 2018 - by

Uzone.id - Dibandingkan beberapa waktu lalu, kecepatan internet di Indonesia memang sudah membaik, walaupun belum yang terbaik.

Salah satunya karena berkat kehadiran jaringan generasi keempat (4G) teknologi LTE.

Menurut OpenSignal dari data bulan November 2017, rata-rata kecepatan  4G di seluruh dunia bisa tembus antara 16,2 Mbps sampai 16.6 Mbps.

Indonesia sendiri masih dari laporan yang sama, kecepatan 4G berada di kisaran 9,02 Mbps naik dari sebelumnya 7,71 Mbps.

Kalau kamu merasa kecepatan tersebut masih dianggap belum mumpuni, tunggu dulu. Karena negara kita sedang mengadopsi teknologi 4.5G.

XL Axiata / © Antara Foto

XL Axiata salah satu operator yang berjuang memperkenalkan internet cepat dengan teknologi terbaru ini sejak awal tahun 2018.

“Sebagai tahap awal, jaringan 4,5G akan dihadirkan di kota-kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Bali,” kata Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, Yessie D Yosetya.

Lah kok Kota besar di Pulau Jawa dan Bali saja, gimana yang kawasan yang lain, nanti timpang dong.

Tunggu dulu, kata Yessie “Prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu,”

Asal tahu juga, dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

“Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60% di antaranya berada di luar Jawa,” tandas Yessie.