iPhone Generasi Pertama Kondisi Mulus Dilelang, Ditaksir Rp750 Juta

06 February 2023 - by

Uzone.id - iPhone generasi pertama yang mulus dan masih tersimpan dengan baik di boks aslinya dilelang dengan harga selangit. Ponsel itu milik seorang seniman tato asal Amerika Serikat bernama Karen Green, diperkirakan bisa terjual dengan harga USD50.000 atau setara Rp754 jutaan.

Green mengatakan, iPhone generasi pertama itu hadiah yang ia terima mendapatkan pekerjaan baru. Namun karena iPhone saat itu tidak mendukung jaringan seluler yang ia pakai, Green memilih untuk menyimpannya di lemari tanpa membuka segel plastiknya sama sekali.

Advertising
Advertising

Dalam 15 tahun terakhir, Green sempat mempertimbangkan untuk menjual iPhone tersebut. Apalagi, saat menjadi menghadiri acara TV ‘Doctor & the Diva’ di tahun 2019, iPhone miliknya ditaksir bernilai USD5.000 atau sekira Rp75,4 jutaan.

Ia pun sempat mendengar kabar tentang iPhone generasi pertama yang asli dan mulus terjual USD10.000 atau Rp150 jutaan di situs eBay. 

Baca juga: Tips Memilih Smartphone Idaman, Jangan Sampai Zonk!

“Saya menelpon anak saya dan berkata, ambil ponselnya dan pastikan tidak dibuka (boksnya),” katanya, dikutip dari Business Insider.

Ia pun memutuskan untuk menyimpan iPhone miliknya selama beberapa tahun lagi. Hingga tahun lalu, tepatnya pada bulan Oktober, lagi-lagi terdapat iPhone generasi pertama yang masih di dalam kemasan aslinya terjual hampir USD40.000 atau Rp603 jutaan.

"Jika saya bisa menyimpan ponsel itu selama 10 tahun lagi, saya mungkin akan melakukannya. Satu-satunya alasan mengapa saya menjual ponsel ini adalah karena saya uang untuk mendukung bisnis ini" pikir Green.

Kemudian, ia pun memutuskan untuk menjual iPhone generasi pertama melalui rumah lelang. Ia menghubungi LCG Auctions, rumah lelang yang membantu seseorang menjual iPhone generasi pertama dengan harga nyaris Rp600 juta pada Oktober tahun lalu. 

iPhone generasi pertama yang dilelang (Foto: LCG Auctions)

Menurut Mark Montero, pendiri LCG Auctions, ia menerima banyak panggilan untuk melakukan hal yang sama, tapi hanya unit milik Green yang terpilih.

"Kami menerima panggilan dari semua orang, tapi 99% dari mereka tidak memiliki hal yang sama. Tapi Karen memiliki unit yang sangat unik dengan cerita yang menarik di baliknya," ujar Montero.

LCG Auctions pun sudah membuka masa lelang, dan akan diakhiri pada 19 Februari 2023 mendatang. Harga dibuka pada USD2.500 atau Rp37,7 jutaan, tapi iPhone langka tersebut ditaksir bisa terjual sampai USD50.000.

Baca juga: iPhone Lahir dan Mengubah Lanskap Smartphone

iPhone generasi pertama yang dilelang (Foto: LCG Auctions)

iPhone generasi pertama yang diperkenalkan langsung oleh Steve Jobs memang berhasil mengubah lanskap smartphone hingga seperti sekarang. Ketika ponsel kebanyakan masih menggunakan tombol QWERTY fisik, Apple dengan berani merilis smartphone full screen berlayar 3,5 inci dengan input sentuhan jari.

Kameranya pun memiliki resolusi yang besar kala itu, yakni 2 MP. Desainnya juga ringkas dan tipis jika dibandingkan ponsel kebanyakan keluaran Nokia, BlackBerry atau Motorola.

Diluncurkan pada 2007, iPhone generasi pertama dijual di harga USD499 atau Rp7,5 jutaan (kurs saat ini) untuk memori internal 4 GB dan USD599 atau Rp9 jutaan untuk penyimpanan 8 GB.