iPhone X dan Fidget Spinner Masuk Daftar Inovasi Terbaik 2017

pada 6 tahun lalu - by

Majalah TIME kembali merilis daftar produk inovasi terbaik selama setahun, dan di tahun 2017 ini ada beberapa produk populer yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Sebelumnya, produk seperti lampu terbang hingga desktop laboratium DNA menjadi pengisi daftar inovasi TIME.

TIME telah mengeluarkan daftar 25 inovasi terbaik terbaru di tahun 2017, yang sebagian besar di antaranya adalah perangkat hiburan yang sukses menyita perhatian masyarakat dunia sepanjang tahun. Dari sekian banyak produk itu, setidaknya ada beberapa yang ramai dibicarakan publik dan telah banyak dipakai masyarakat Indonesia.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini daftarnya:

iPhone X

iPhone X baru saja dipasarkan pada awal November lalu di sejumlah negara di dunia. Ponsel yang disebut CEO Apple Tim Cook sebagai "ponsel masa depan" ini berhasil menyedot antuasisme para penggemar Apple yang dapat dilihat dari antrean panjang saat penjualan iPhone X di hari pertama.

Perubahan radikal yang dialami iPhone X dibandingkan iPhone pendahulunya menjadi daya tarik terbesar, di mana bagian muka ponsel didominasi komponen layar dan tidak adanya tombol Home fisik yang kini bekerja di dalam layar. Kembali menyematkan kamera ganda yang kini diposisikan secara vertikal di bagian belakang, iPhone X menawarkan kualitas kamera yang sangat mumpuni.

Desain iPhone X memang terlihat cantik, dengan layar berukuran 5,8 inci AMOLED beresolusi 2436 x 1125 pixel serta bodi berbahan kaca di bagian belakangnya.

Selain itu, fitur lain yang menjadi daya tarik dari iPhone X adalah teknologi pengenalan wajah Face ID serta fitur membuat emoji berdasarkan ekspresi wajah kita secara real-time bernama Animoji.

Kualitas yang dihadirkan iPhone X sejalan dengan harga yang tinggi pula, di mana ponsel ini dijual dengan harga 1.648 dolar Singapura atau setara Rp 16,1 juta untuk model 64 GB dan 1.888 dolar Singapura atau setara Rp 18,5 juta untuk model 256 GB.

 

Nintendo Switch

Nintendo menghadirkan sebuah konsol video game baru yang mengusung konsep sangat inovatif, yaitu Switch. Perangkat ini menggabungkan konsep konsol game yang portabel bisa dimainkan di mana saja dan juga di rumah lewat layar televisi yang besar.

Dari bentuknya, Nintendo Switch memang terlihat sedikit seperti PlayStation Vita, tapi yang membedakan adalah ukurannya yang lebih besar dan bagaimana alat pengontrol di bagian sebelah kiri serta kanannya bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Switch mampu memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya untuk memuaskan kebutuhan bermain game baik untuk bermain sendiri atau bersama teman. Pengisian baterai di Switch menggunakan port USB-C, yang membuatnya menjadi perangkat Nintendo pertama yang melakukan isi ulang daya baterai melalui konektor standar.

Jumlah game dari Nintendo Switch saat ini memang masih sedikit, tapi beberapa judul game dari perangkat ini mendapatkan nilai sempurna dari berbagai media yang mengulasnya. Ada dua game Nintendo Switch yang mendapatkan nilai sempurna dari sejumlah kritikus game, yaitu The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Super Mario Odyssey.

Di Indonesia, Nintendo Switch saat ini dibanderol dengan harga Rp 5,4 juta. Sayangnya, game-game dari perangkat ini terbilang mahal, di mana harganya berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribu.

 

Fidget Spinner

Salah satu perangkat mainan yang mendadak populer dan viral di tahun 2017 ini adalah Fidget Spinner. Mainan ini tak hanya terkenal di luar negeri saja tapi juga di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, mungkin kamu bakal menjumpai banyak orang yang memainkan Fidget Spinner, juga banyak yang menjualnya di pinggiran jalan. Walau sekarang ini kepopulerannya sudah menurun.

Cara memainkannya cukup mudah, hanya dengan menaruh jari di tengah dan memutarnya dengan jari yang lain. Bentuk dari spinner ini beragam, namun yang populer adalah spinner dengan 1 buah bearing di tengah dan 3 bearing yang mengelilinginya sebagai penyeimbang yang membuatnya berputar lebih lama.

Ada beragam model dari Fidget Spinner yang diperjualbelikan dengan berbagai macam desain untuk menarik perhatian konsumen. Mainan ini dianggap bisa meredakan stres atau meningkatkan fokus bagi orang-orang yang hipepraktif dan memiliki kebiasaan jari tak bisa diam atau biasa disebut fidgeting.

Selain 3 produk di atas, beberapa produk lainnya yang masuk ke dalam daftar inovasi terbaik tahun 2017 versi TIME adalah Nike Pro Hijab, mobil Tesla Model 3, perangkat virtual reality (VR) Oculus Go, drone DJI Spark, hingga sepatu Adidas Futurecraft 4D.

 

DJI Spark

Ini juga salah satu produk yang inovatif. DJI Spark dirancang agar bisa diterbangkan dari telapak tangan, lalu bisa dikendalikan dengan tangan pengguna berkat keberadaan Gesture Mode. Ia secara otomatis akan mendeteksi gerakan telapak tangan dan diperintah untuk terbaik naik, menjauh, mengambil selfie, dan kembali lagi di ke telapak tangan.

Drone dengan bobot 300 gram atau lebih ringan dibandingkan sekaleng soda ini, memboyong kamera dengan sensor CMOS 1/2.3" yang menghasilkan foto berkualitas 12 megapixel dan bisa merekam video 1080p yang bisa distabilkan. Teknologi 2-axis gimbal dan UltraSmooth Spark akan mengurangi guncangan ketika mengambil gambar. 

Dengan bekal GPS dual-band dan GLONASS, fitur-fitur ini membuat Spark bisa terbang secara akurat di ketinggian 30 meter dan pelacak hambatan dari jarak 5 meter. Spark bisa terbang kembali ke lokasi asal secara otomatis dengan panduan sinyal GPS ketika baterai sudah lemah, hilang koneksi, atau ketika pengguna menekan tombol Return to Home (RTH). Saat terbang kembali ke rumah itu ia bisa melacak hambatan di jalurnya.

Kemampuan terbang ini ditopang oleh baterai jenis LiPo yang mampu terbang maksimal selama 16 menit. Sementara saat diterbangkan dengan remote control, Spark memungkinkan transmisi video real-time 720p dari jarak hingga 2 kilo meter. 

 

Nike Pro Hijab

Orang yang mengenakan hijab kini lebih dimudahkan ketika hendak berolahraga, karena mereka kini punya sebuah alat yang bisa dipakai untuk menutupi rambut ketika sedang beraktivitas.

Nike Pro Hijab berusaha untuk mengatasi masalah bahan jilbab yang terlalu tebal (yang bisa menyebabkan keringat berlebih) serta bahan yang terlalu ringan (yang membuat bahan lebih mudah turun).

Nike Hijab Pro dibuat dengan bahan ringan dan adem sehingga mudah untuk melepas kelembaban pada kepala yang ditutup. Alat ini sangat cocok untuk para atlet yang berhijab karena juga bisa membantu mengatasi keringat.

Jika kamu hendak melihat daftar lengkap 25 produk inovasi terbaik versi majalah TIM di tahun 2017 ini, kamu bisa berkunjung ke situs resminya di tautan ini.