Jadi Bahan Perdebatan, Ternyata Begini Cara Baca QRIS yang Benar

04 February 2023 - by

Uzone.id – Pelafalan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) terus menjadi perdebatan semenjak alat pembayaran ini diluncurkan pada 2019 lalu.

Hingga saat ini, warganet terus beradu argumen soal pembacaan QRIS ini, ada yang keukeuh menyebut QRIS sebagai KRIS, KYIRIS, ada yang menyebutnya KYURIS, ada juga yang menghindari perdebatan dengan memilih cara aman dengan membaca QR.

Advertising
Advertising

Baca juga: Begini Cara Pakai ChatGPT, Bisa Kerjakan Tugas dan Ujian?

Di Twitter misalnya, influencer Nessie Judge menyampaikan pendapatnya yang cukup detail soal penyebutan QRIS. Ia tetap kekeuh menyebut QRIS sebagai KYURIS karena dliafalkan dalam bahasa Inggris.

Lalu, ada yang mematahkan perdebatan tersebut dengan cara yang detail juga, mereka menggunakan salah satu ilmu linguistik, Phonetics untuk menjawab argumen tersebut dimana Q yang bertemu dengan R dibaca ‘Qu’ bukan ‘Kyu’.

Nah, perdebatan ini sedikit tercerahkan oleh postingan dari Bank Indonesia yang meresmikan penyebutan QRIS. Ya, walaupun perdebatan ini nyatanya masih tetap berlangsung sampai sekarang.

Jadi, bagaimana cara baca QRIS?

Berdasarkan akun Twitter resmi milik Bank Indonesia pada 27 Januari 2023 lalu, cara membaca QRIS yang tepat adalah KRIS.

“Nah Kalau sobat Rupiah ingin bayar-bayar apa saja, agar cepat, mudah, murah, aman dan handal, yang tinggal scan aja QRIS (Kris) bukan Kyuris,” kataPerry Warjiyo, selaku Gubernur Bank Indonesia.

Selain itu, pembacaan ‘Kris’ ini juga diperkuat dengan keterangan di situs resmi Bank Indonesia, yang mana mereka memasukkan keterangan soal pembacaan yang benar dalam deskripsi QRIS.

Baca juga: Hati-Hati, Tindakan Ini Bisa Bikin WhatsApp Kamu Kena Blokir

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code,” tulisnya.

Terlepas dari perdebatan dan cara baca QRIS, pembayaran cashless ini menjadi salah satu cara yang banyak diadopsi masyarakat di Indonesia. Apalagi QRIS ini sudah terintegrasi dengan berbagai e-wallet di Indonesia sehingga memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pembayaran lewat scan QRIS.