Jangan Macam-macam Kasih Nama Grup WhatsApp, Bisa Diblokir

13 November 2019 - by

(Ilustrasi WhatsApp/BBC)

Uzone.id -- Upaya WhatsApp dalam memerangi penyalahgunaan ruang digital semakin terasa. Anak usaha Facebook ini siap memblokir nama-nama grup yang dianggap mencurigakan atau tidak “sesuai aturan.”

Hal ini pertama kali diketahui dari seorang pengguna di platform Reddit dengan username Mowe11. Dia mengatakan bahwa salah satu grup WhatsApp miliknya mendadak diblokir secara permanen karena ada salah satu orang mengubah nama grup itu, sayangnya bernada kasar atau pakai kata hinaan.

Advertising
Advertising

Gak lama kemudian, setelah grup itu diblokir, giliran akun-akun WhatsApp lain yang ada di dalam grup itu diblokir oleh WhatsApp.

Baca juga: Ini Cara Tolak Masuk Grup WhatsApp

Dia mengatakan telah berusaha menghubungi pihak WhatsApp. Tanggapan WhatsApp ke seluruh akun yang diblokir itu sama, yakni mereka telah melanggar aturan perusahaan.

Pengalaman yang sama juga menimpa pengguna Reddit bernama etrec89, dia menuturkan grup WhatsAppnya yang berisi 50 orang juga diblokir secara permanen karena salah satu temannya mengubah nama grup itu dengan kata-kata “nakal”.

Tak lama kemudian semua akun yang ada di dalam grup itu juga turut diblokir.

Secara teknis, WhatsApp tidak memberikan penjelasan secara rinci mengenai aturan apa yang dilanggar oleh puluhan penggunanya tersebut. Cara kerjanya pun mengejutkan, tiba-tiba grup diblokir, disusul oleh tiap akun yang ada di dalamnya.

Baca juga: WhatsApp Kepincut Bikin Dark Mode

Tak ada solusi apapun mengenai cara agar pengguna dapat mengakses akun mereka kembali, hanya keterangan “permanently banned”.

Mengutip berbagai sumber, masih disayangkan bahwa WhatsApp tidak memberikan identifikasi atau indikator mengenai nama-nama grup seperti apa yang dianggap mencurigakan, bernada nakal atau jahat, dan lain sebagainya.

Minimal hal ini jadi pengingat saja bagi seluruh pengguna WhatsApp agar tidak memberi nama grup sembarangan, walaupun tujuannya untuk seru-seruan atau lucu-lucuan.

VIDEO Nyobain Skuter GrabWheels eScooter