Jawaban Mitsubishi Soal Pajero Sport Lokal Stop Produksi

30 November 2018 - by

Foto: Dok Mitsubishi

Uzone.id - Ramai diberitakan kalau Mitsubishi akan menghentikan (sementara) produksi Pajero Sport versi lokal di pabriknya di Bekasi.

Tapi bukan berarti jadi gak dijual lagi ya. Untuk sementara, Mitsubishi akan mengimpor Pajero Sport dari Thailand dalam bentuk CBU.

Advertising
Advertising

Langkah ini katanya karena jatah produksi di pabriknya akan dipinjam untuk memperbanyak produksi si fenomenal Xpander.

Klaim ini datang dari Kementerian Perindustrian, melalui Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan.

Beliau mengungkapkan Osamu Masuko selaku Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada Oktober kemarin datang ke Indonesia. 

Saat itu, Masuko antara lain meminta izin mengalihkan status Pajero Sport dari rakitan lokal (Completely Knock-Down/CKD) menjadi impor unit utuh (Completely Built-Up/CBU) untuk sementara.

Bagaimana tanggapan Mitsubishi Indonesia? Katanya sih masih menutup mulut untuk berkomentar mengenai hal ini.

Namun Uzone.id berhasil mendapatkan tanggapan resmi dari Mitsubishi Indonesia:

"Kami telah memulai ekspor XPANDER di April 2018 dan produk ini sangat diterima tidak hanya di Indonesia melainkan juga di negara-negara lain. 

Untuk dapat menyediakan XPANDER ke banyak konsumen sesegera mungkin, kami telah memutuskan untuk meningkatkan produksi di MMKI. 

Saat ini kami bekerja keras untuk memperluas perlengkapan produksi serta meningkatkan tenaga kerja di MMKI, namun untuk segera memenuhi permintaan yang telah ada.

Kami berkonsultasi dengan pemerintah untuk dapat melakukan impor sementara untuk Pajero Sport dari Thailand dan mempergunakan lini produksinya untuk memproduksi XPANDER

Kami akan terus meningkatkan bisnis produksi dan penjualan untuk berkontribusi pada ekonomi di Indonesia," tulis keterangan resmi Mitsubishi Indonesia.

Sebagai informasi, Pajero Sport dirakit di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi mulai April 2017 setelah sebelumnya diimpor CBU dari Thailand.

Kebijakan impor CBU Pajero Sport sendiri rencananya tidak berlangsung lama, yakni hanya sekitar satu tahun sampai ekspansi kapasitas produksi pada 2020 dilakukan.

Kapasitas produksi Xpander akan terus ditambah, dari awalnya 80 ribu unit per tahun menjadi 115 unit tahun ini. 

Pada 2019, kapasitasnya ditingkatkan lagi menjadi 150 ribu unit setahun.

Mitsubishi akan mengumumkan lagi peningkatan kapasitas perakitan Xpander pada 2020 menjadi 160 ribu unit per tahun dengan investasi tambahan lagi sebesar 4 miliar yen atau lebih dari Rp 500 miliar.

Baca juga: Mitsubishi Berbagi Kebahagiaan di Palembang, Beli Xpander Langsung Gratis Aksesoris