Jejeran Kuliner Terbaik Banyuwangi

04 August 2016 - by

Layaknya daerah–daerah di Indonesia lainnya, Banyuwangi juga memiliki kuliner khasnya.

Banyuwangi mempunya tempat wisata kuliner favorit yang wajib kamu kunjungi jika kamu berkunjung atau sedang berada di Banyuwangi.

Bermacam-macam kuliner khas banyuwangi yang layak kamu coba yaitu rujak soto, nasi tempong, sego cawuk, ayam pedas rantinem dan aneka macam kuliner yang lain yang terdapat di kabupaten paling timur pulau Jawa ini.

Advertising
Advertising

Berikut daftar kuliner khas banyuwangi yang enak yang bisa kamu datangi:

1. Nasi Tempong Mbak Nah

Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi yang satu ini yaitu Nasi tempong merupakan masakan tradisional khas Banyuwangi selain rujak soto dan pecel rawon. Nasi tempong merupakan nasi hangat yang disajikan dengan lalapan sayuran, kemangi,timun dan lauk pauk seperti telur dadar, ayam goreng,jeroan ayam dan lainnya. Ciri utama nasi tempong ini adalah sambel terasinya yang pedas banget hingga terasa di tampar (tempong).

Alamat: Jl. Kolonel Sugiono No.16, Kec. Banyuwangi, Jawa Timur 68416

Telepon:0852-3272-1222

2. Pondok Rujak Soto

Tempat wisata kuliner di Banyuwangi ini adalah Rujak soto, rujak soto merupakan masakan tradisional khas Banyuwangi yang merupakan gabungan Rujak Cingur dan diberi kuah Soto daging. Sebagai Referensi Rujak soto yang enak di Banyuwangi yang patut anda coba ketika berkunjung ke Banyuwangi yaitu Pondok Rujak Soto

Alamat: Jl. Basuki Rahmat, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68414

3. Ayam Pedas Rantinem

Wisata Kuliner yang satu ini sangat lezat dan terkenal di Genteng Banyuwangi yaitu Ayam Pedas Rantinem. Ayam pedas Rantinem disajikan dalam bentuk kuah yang mempunya rasa pedas dan gurih segar. Walaupun memiliki rasa pedas waktu anda mencoba nya pasti akan ketagihan

Alamat: Genteng, Genteng Kulon, Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timu

4. Sego Cawuk Banyuwangi

Sego Cawuk merupakan kuliner khas Banyuwangi,cawuk sebenarnya makan dengan tidak menggunakan sendok, tapi langsung dengan tangan. Sego cawuk adalah nasi yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda yang diberi air matang dan dilengkapi dengan jagung muda yang dibakar dan dicampur dengan timun serta cabai dan asem, sehingga rasanya asam pedas segar. Lauknya bisa dengan ikan asin, pelasan ( pepes) atau telur ayam.

Alamat: Prejengan Rogojampi Banyuwangi

5. Pecel Rawon Ayu Banyuwangi

Satu lagi tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang terkenal yaitu Pecel Rawon Ayu, yang menyajikan masakan pecel yang enak dan dicampur dengan rawon. Pecel Rawon merupakan nasi pecel biasa yang disiram dengan kuah rawon yang ditambah dengan empal daging, serundeng ,tahu goreng dan peyek udang.

Alamat: Jl. Laksda Adi Sucipto No.60, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

6. Rawon Bik Atik Banyuwangi

Untuk Tempat kuliner di Banyuwangi yang satu ini wajib anda kunjungi ketika anda berkunjung di Banyuwangi, Yaitu Rawon Bik Atik . Rawonny di sajikan dengan nasi putih dan daging yang lezat serta toge yang menggoda selera.

Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.83, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

7. Sop Kesrut Rodiyah Banyuwangi

Salah satu wisata kuliner lainnya di Banyuwangi adalah Sop Kesrut,ini mungkin kedengaran asing bagi warga luar Banyuwangi atau sedikit warga Banyuwangi yang mengetahuinya. Tempat Kuliner untuk Sop Kesrut hanya beberapa saja yang myediakan menu ini. Salah satunya yaitu Warung Milik Rodiyah di Dusun Krajan Desa Segobang Kecamatan Licin Banyuwangi

Sop Kesrut ini merupakan olahan kaldu kental ditambah dengan balungan ( tulang) ayam kampung. Menu Sop Kesrut ini sederhana namun rasa kaldunya yang gurih, sedikit asam dengan rasa yang pedasnya yang banyak dicari Para penikmat kuliner.

Jangan Lupa kalau lagi wisata ke Banyuwangi atau sedang dinas ke Banyuwangi jangan lupa mencoba wisata kuliner yang satu ini

Alamat: Warung Rodyah di Dusun Kraan desa Segobang kecamatan Licin persis di pertigaan jalan menuju Ijen Resto

8. Warung Biru Banyuwangi

Warung Biru merupakan tempat kuliner di pusat kota Banyuwangi tepatnya di Jl. Kapten Pierre Tendean, Banyuwangi, Indonesia buka jam 09:00 – 17:00. Resto Warung Biru menyajikan aneka olahan laut, disamping itu juga menu menu lainnya khas kuliner Banyuwangi. Dengan ciri khas sambel yang pedas,ikan bakar,cumi goreng dan ayam goreng menu andalannya.

Silahkan mencoba bagi anda yang sedang berwisata ke kota Banyuwangi, dengan harga yang murah dan menu yang enak dan dipusat kota menjadi Resto Warung Biru selalu dipenuhi dengan pengunjung.

Alamat: Jl. Kapten Pierre Tendean, Banyuwangi, Indonesia ( dekat Hotel Selamet/Stasiun lama Banyuwangi)

9. Wisata Kuliner Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi Banyuwangi

Apabila anda sedang berkunjung ke Banyuwangi tidaklah lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke Wisata Kuliner Ikan Bakar Rogojampi Banyuwangi. Dengan keberadaan pantai yang panjang,Banyuwangi merupakan penghasil ikan laut yang besar termasuk salah satu yang ada di Pantai di Blimbingsari Rogojampi Banyuwangi.

Dan Di Pantai Blimbing sari ini juga ada Tempat Makan Ikan Bakar Banyuwangi yang begitu terkenal.Dengan deretan warung lesehan di pinggir pantai dengan pemandangan Pulau Bali di kejauhan sangat nikmat menyantap ikan bakar di tambah dengan sepoi sepoi angin pantai.

Pantai Blimbingsari - Wisata kuliner ikan bakar Banyuwangi 2

Di Ikan Bakar Blimbingsari anda bisa memilih sendiri ikan mentah yang ada disimpan di kotak di depan warung ikan bakar. Ada ikan kerapu udang,cumi cumi, rajungan , kakap dan sebagainya. Ketersedian stok ikan tergantung dari hasil tangkapan nelayan dan musim musim ikan. Ikan Ikan biasanya dijual per kilogram karena biasanya yang pesan dalam rombongan, meskipung begitu anda bisa juga beli dalam bijian apabila yang pesan hanya 2 orang atau sedikit.

Cara Menuju Lokasi Ikan Bakar Blimbingsari

Untuk menuju ke Tempat ikan bakar Rogojampi anda bisa langsung dari Bandara Blimbingsari kearah timur/Pantai sekitar 1-2 kilo. Kalau dari arah Banyuwangi Kota anda dapat sewa mobil kearah selatan terus ketimur dari kecamatan Rogojampi dengan jarak 16 kliometer.

Jam Buka Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi : Pagi – Malam Hari

10. D’Copiz Cafe Banyuwangi

D’Copiz Cafe Banyuwangi terletak di jl Brawijaya Sobo Banyuwangi,cafe ini menyediakan berbagai macam varian kopi (arabica, robusta, kopi luwak, kopi lokal,dan lain sebagainya), namun begitu minuman lain juga tersedia dan juga makanan ringan lainnya seperti tahu goreng, siomay, kentang goreng ataupun nasi goreng juga ada.

D’Copiz Cafe sangat cocok untuk ngumpul dan ngobrol bareng, selain tempatnya asri khas pedesaan dan suasana yang ramah bisa membuat kumpul kumpul anda menjadi ceria dan hangat.

Alamat: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

11. Heerlijk Osing Cafe Banyuwangi

Heerlijk Osing tempatnya terletak di komplek Kantor Pos Besar Banyuwangi, Jl dr Soetomo Banyuwangi. Heerlijk dalam bahasa Belanda artinya lezat karena itu menu-menu yang disajikan di tempat ini penuh dengan menu menu inovatif.

Menu-menunya seperti soda perawan, roti itali, Sego mangkok, mie, mie ngamen, mie londo dan mie gepeng, segor, badhogan ndeso, Roti itali, jajanan tipis-tipis. Dan menu minumannya Gelati, soda, teh, kopi, njus, ombenan campuran, ombenan tipis-tipis

Dengan desain interiornya seperti cafe sekarang tetapi tidak meninggalkan suasana lokal. Disamping itu juga menyediakan souvenir atau merchandise dengan khas cafe yang cocok untuk siapa saja.