Jurus Suzuki NEX II Bersaing dengan Honda BeAT di Pasar Skutik 110 Cc

pada 6 tahun lalu - by

Suzuki NEX II jadi amunisi baru pabrikan asal Jepang untuk bermain di pasar skutikentry leveldengan mesin 110 cc. Meski di pasar akan bertarung dengan Honda BeAT, Suzuki justru menganggap bahwa skutik baru mereka itu bermain dengan segmen pasar yang berbeda. 

“Kemarin banyak yang bilang NEX II pesaing BeAT, ya mungkin (karena) bentuknya sama tapi penjualannya kami enggak melihat (saling bersaing). Kami berusaha membuka celah pasar baru,” kata Market Relation Section Head PT SIS Banggas F. S. Pardede kepada wartawan di Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (10/7). 

Lebih lanjut, bicara soal target pasar Suzuki NEX II, Banggas menjelaskan bahwa produk mereka hadir bukan untuk mencuri pasar yang sudah ada. Sebab, Suzuki coba hadir dengan memberikan variasi produk di segmen skutik 110 cc. 

“Contoh kemarin GSX Series itu kan kamihead to headtapi secara total market bertumbuh demikian juga dengan NEX II,” papar Banggas. 

Dia menambahkan, Suzuki NEX II hadir dengan menyasar segmen anak muda. Ini tak lepas dari pilihan warna yang mentereng. Di samping itu, ada juga pilihan warnadoffuntuk memberikan kesan premium.

“Nah itu kan memberikan posision yang baru buat Suzuki. Jadi kita enggak ingin langsunghead to headkarena ya kita sadar posisi kami ada di mana,” tuturnya. 

Suzuki NEX II dibekali satu silinder, 4-tak, SOHC, berkapasitas 113 cc, yang menjanjikan 8,9 daya kuda (dk) pada 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm. 

PT SIS sendiri memiliki target produksi NEX II sebanyak 5.000 unit per bulan. Selama penyelenggaraan Jakarta Fair 2018 lalu, Suzuki menjual 1.300-1.400 unit, yang mana 60 persen di antaranya itu disumbang oleh NEX II.