Kalau Belanja Online, Penting Gak Sih Pakai Asuransi Barang?

12 December 2021 - by

Uzone.id – Aktivitas belanja online sudah marak dari sebelum pandemi, namun makin ke sini, masyarakat semakin mengandalkan platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Bagi yang memperhatikan, kalau belanja online itu kerap ada opsi untuk asuransi barang. Ini penting atau enggak, sih?

Tokopedia sebagai salah satu pemain besar di industri e-commerce Tanah Air, mengakui kalau pandemi memang menggenjot minat masyarakat terhadap produk asuransi atau proteksi terhadap pembelian produk.

Advertising
Advertising

“Terbukti dari jumlah transaksi produk proteksi di Tokopedia yang meningkat hampir dua kali lipat pada kuartal III 2021 dibandingkan periode sama pada tahun lalu,” tutur Head of Investment and Insurance Tokopedia, Marissa Dewi dalam pernyataannya.

Baca juga: Tips Bikin UX yang Ramah Pengguna

Bagi yang masih bingung terhadap seberapa penting penggunaan asuransi atau proteksi terhadap produk yang kita beli secara online, ada beberapa penjelasan di bawah berikut sesuai kategori pembeliannya.

1. Proteksi untuk produk elektronik

Proteksi gadget atau elektronik memungkinkan masyarakat memperoleh perlindungan lebih atas produk gadget atau elektronik mereka, khususnya yang dibeli melalui Tokopedia. Biasanya hal ini tidak ditanggung garansi resmi.

“Asuransi ini termasuk kehilangan akibat perampokan, kerusakan tidak disengaja, dan karena terkena cairan. Proses klaim juga dapat sepenuhnya dilakukan secara digital, langsung melalui aplikasi Tokopedia,” ungkap Marissa.

2. Proteksi perlengkapan bayi

Keperluan bayi dan anak memang sangat besar demand-nya. Sebagai contoh, membeli perlengkapan bayi seperti stroller secara online biasanya butuh ketelitian lebih karena tidak dapat langsung dicoba di tempat.

Nah, asuransi untuk Ibu dan Anak ini memudahkan para orang tua mendapatkan jaminan ganti rugi hingga senilai harga beli barang apabila terjadi kerusakan yang tidak disengaja terhadap produk tersebut.

Baca juga: Tips Belanja Online Aman Pakai Kartu

3. Proteksi furniture

Selain kebutuhan sehari-hari, tak jarang juga pengguna mencari dan membeli furniture di e-commerce. Tokopedia mengaku bahwa asuransi untuk furniture ini akan bermanfaat terutama saat musim hujan.

Alasannya masuk akal, karena perlindungan bisa berlaku baik untuk furniture yang dibeli lewat Tokopedia maupun rumah pengguna konveksi – sesuai syarat dan ketentuan berlaku – dari risiko banjir dan kebakaran.

Proteksi ini berlaku mulai dari barang tiba hingga 24 bulan ke depan.

4. Proteksi produk hobi

Membeli barang hobi atau aksesori kendaraan juga dianggap perlu dilengkapi oleh asuransi, karena dapat membantu mengurangi rasa khawatir akan kerusakan atau hilang akibat perampokan.

Ada jenis proteksi travel dan hobi, serta proteksi otomotif yang menawarkan jaminan ganti rugi senilai harga beli barang hingga jangka waktu 12 bulan.