Kapan MacBook Kebagian Fitur Face ID?

28 July 2020 - by

(Ilustrasi foto: Mia Baker / Unsplash)

Uzone.id -- Fitur pengenalan wajah alias Face ID hadir di keluarga produk Apple pertama kali pada tahun 2017 melalui iPhone X, kemudian disusul di produk iPad di tahun 2018. Lantas, kapan Face ID akan muncul di laptop MacBook?

Advertising
Advertising

Dari rumor yang beredar, kemungkinan besar Apple sedang menyiapkan Face ID untuk perangkat MacBook terbarunya.

Bocoran yang diwartakan situs 9to5Mac, dijelaskan bahwa ada kode di dalam macOS Big Sur versi beta ada dukungan untuk buka kunci melalui Face ID.

Baca juga: macOS Big Sur untuk MacBook Diperkenalkan, Makin Mirip iOS

Di dalam temuan tersebut ditemukan referensi “PearlCamera” yang menjadi kode internal untuk kamera TrueDepth yang ada di dalam iPhone X, serta lini produk iPad Pro 2018. Kemampuan TrueDepth tersebut yang mendukung buka kunci Face ID menjadi lebih cepat.

Namun, lagi-lagi ini baru sekadar rumor. Belum jelas kepastiannya apakah memang MacBook versi terbaru akan memiliki Face ID. Satu hal yang pasti, Face ID pada iPhone dan iPad bergantung pada mesin saraf yang dibawa prosesor A-Series -- minimal ada chipset serupa yang dibutuhkan di dalam Macbook.

Diketahui sistem operasi macOS baru, yakni Big Sur diperkenalkan pertama kali pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020.

Baca juga: iPhone 12, Apple Watch 6 Dirilis 8 September?

Perubahan terbesar dari update macOS ini adalah tampilan desain barunya. Bahkan diklaim oleh Apple, Big Sur membawa perubahan desain terbesar sejak memperkenalkan macOS 10.

Salah satunya, Big Sur akan mengambil fitur yang sudah tak asing lagi bagi pengguna iPhone atau iPad, yakni Control Center dengan tambahan bisa dikustomisasi.

Dengan meminjam elemen iOS ini, pengguna MacBook bisa mengatur tingkat kecerahan, Do Not Distrub, notifikasi dan fitur lainnya dalam satu tools. Nantinya juga, di Big Sur akan mengurutkan pemberitahuan berdasarkan pemberitahuan terkini, dan mengelompokkan pemberitahuan terkait dengan wajah antarmuka transparan, seperti di iOS.