Kapan nih, iPhone Bakal Pakai Touch ID Lagi?

25 August 2021 - by

Foto ilustrasi: Yogesh Rahamatkar/Unsplash

Uzone.id -- Metode keamanan berupa Face ID memang terlihat begitu kekinian, sebab menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) yang gampang dipindai. Namun, tak sedikit orang-orang yang masih nyaman dengan keamanan sidik jari.

Apple dikabarkan telah menguji coba sistem keamanan Touch ID yang selama ini menjadi favorit kebanyakan orang. Mengandalkan biometrik fingerprint alias sidik jari, membayangkan Touch ID kembali muncul di flagship teranyar Apple pastinya akan jadi hal menarik.

Advertising
Advertising

Nah, Apple memang sering dirumorkan akan mengembalikan Touch ID ini di iPhone terbaru. Dengan mencuatnya kabar kalau perusahaan telah menguji coba Touch ID lagi, banyak yang berharap kalau teknologi satu ini siap hadir di iPhone 13, mengingat Apple telah menyingkirkan Touch ID sejak meluncurkan iPhone X di tahun 2017.

Perangkat iPhone terakhir yang tiba-tiba mengusung Touch ID lagi adalah iPhone SE 2020. Kala itu, banyak yang mengaku gembira, karena tampilannya dapat membawa mereka nostalgia ke zaman iPhone dengan Touch ID serta bentuknya yang bulat pipih seperti seri iPhone 6. Belum lagi prosesornya yang menggunakan A13 Bionic.

Baca juga: Akhirnya iMac M1 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Mengutip Pocketlint, sekalipun Apple menguji coba Touch ID, bukan berarti fitur ini bakal langsung disematkan di iPhone 13 yang dipercaya akan dirilis pada September 2021. Bocoran yang beredar, bisa jadi Touch ID ini akan kembali di iPhone generasi beberapa tahun yang akan datang.

Hal ini didasari pada ambisi Apple untuk menyajikan iPhone-iPhone dengan layar penuh tanpa harus ‘diganggu’ oleh bezel atau permukaan yang dapat memindai sidik jari pengguna. Kendati begitu, Apple tetap diharapkan dapat mengadopsi teknologi Touch ID pada iPad Air terbaru, di mana sidik jari dapat dipindai di tombol power di bagian atas kanan bodi.

Jadi, bagi para penggemar fingerprint lock di iPhone, harap bersabar.

VIDEO: Galaxy Note 20 Ultra Bisa 5G, Masih Layak Dibeli?