Kejaksaan Jerman Selidiki Skandal Dieselgate yang Menyeret Mitsubishi

23 January 2020 - by

Uzone.id - Masih ingat kasus Dieselgate yang menimpa Volkswagen beberapa tahun lalu? Nah, kabar terbaru melaporkan kalau Mitsubishi ternyata ikut terseret skandal tersebut.

Dilansir Reuters, Mitsubishi tengah berada dalam penyelidikan Jaksa Jerman setelah diduga menggunakan perangkat yang dapat memanipulasi hasil emisi pada mesin dieselnya.

Mitsubishi merupakan merek terkini yang diinvestigasi karena dicurigai juga terlibat dalam kasus dieselgate yang dipicu oleh Volkswagen group 2015 silam.

Advertising
Advertising

Baca juga: 20 Tahun Honda CR-V di Indonesia

Mitsubishi menggunakan alat untuk mengatur perangkat lunak yang dapat mendeteksi apakah mobil sedang melakukan tes atau tidak. Jadi, ketika tau lagi dites, maka kadar emisinya akan dikurangi dibawah standar, namun di jalan raya, pastinya gak bisa terukur besaran emisi sesungguhnya.

Pernyataan resmi ini telah disampaikan melalui kejaksaan Frankfurt, Jerman pada hari Selasa (21/1) kemarin. Kantor jaksa mengatakan petugasnya sedang melakukan investigasi terhadap anggota staf internasional, staf dari mitra diler dan dua penyuplai.

Mitsubishi juga telah mengeluarkan pernyataan bahwa distributornya di Jerman sedang melewati rangkaian investigasi hingga ke bagian R&D.

"Tidak ada informasi lebih lanjut sampai pada tahap ini. Mitsubishi Motors tentunya akan berkolaborasi dan berkontribusi dalam investigasi ini," tulis pernyataan Mitsubishi.

Ada dua mesin diesel Mitsubishi yang sedang diselidiki, yakni mesin diesel berkapasitas 1.600cc dan berkapasitas 2.200cc.

VIDEO Kia Seltos First Impression