Koleksi Honda Solo, Selera Motor Lord Luhut Boleh Juga

02 April 2020 - by

Uzone.id - Namanya selalu jadi sorotan dan eksistensinya di kancah politik yang udah senior banget, ngebuat banyak orang menjuluki Menteri yang satu ini sebagai Lord Luhut. Dan ngomong-ngomong, selera motornya boleh juga.

Yess, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, dan sekarang jadi plt Menteri Perhubungan, punya motor keren dan langka yang setelah ditelusuri namanya Honda Solo.

Advertising
Advertising

Kepemilikan Honda Solo tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 31 Desember 2018. Honda Solo kepunyaan Lord Luhut buatan 2015 yang banderolnya tertulis Rp7,45 juta.

Baca juga: Mau Libur Bayar Cicilan Kendaraan? Ini Caranya!

Motor dari kampungnya Jokowi? Jelas bukan. Honda Solo adalah model keempat dalam seri N Project. N sendiri singkatan dari New. Jadi ini motor sengaja dibuat hanya untuk menjangkau segmentasi yang spesifik.

Model pertamanya Honda Ape yang pertama kali dikenalkan pada bulan Februari 2001, model kedua adalah Honda Zoomer yang debutnya pada bulan Juni 2001 dan model ketiga Honda Bite yang memulai debutnya pada Januari 2002. Semuanya punya tampilan yang unik.

Melansir website resmi Honda Global, motor ini pertama kali dirilis pada tanggal 5 Maret 2003, dan mulai dijual pada 14 Maret 2003.

Mesinnya cuma 50cc 4 tak berpendingin udara, yang mengadopsi pengembangan mesin Super Cub series. Memang gak bertenaga, tapi terkenak bandel dan irit bahan bakar.

Secara desain jelas anti mainstream. Tangkinya yang ramping menempel pada rangka backbone yang membuat motor ini terlihat unik, sudah begitu, cuma tersedia single seater dan untuk menambah kenyamanan, tersedia monoshock di belakang.

Di Jepang motor ini dijual dengan harga 199.000 Yen atau jika dikonversikan sekitar Rp30 jutaan untuk versi standar. Sedangkan untuk di Indonesia, belum dijual secara resmi.

VIDEO Test Drive Suzuki XL7: